Digitalisasi dari Hulu ke Hilir, BSI Boyong Penghargaan Infobank-MRI BSE Awards 2025
Jakarta— PT Bank Syariah Indonesia Tbk atau BSI menyabet puluhan penghargaan di ajang “22nd Infobank – MRI Banking Service Excellence Awards 2025”, yang berlangsung di Shangri-La Hotel Jakarta, Selasa (24/6/2025).
Di ajang bergengsi ini, BSI memborong 14 penghargaan sekaligus yang menandakan hasil kerja keras perseroan untuk terus memaksimalkan layanan kepada nasabah dengan dukungan solusi digital yang andal.
Pengakuan ini semakin menambah rekam jejak BSI sebagai bank syariah yang serius dalam meningkatkan kepuasan dan kemudahan transaksi nasabah.
Adapun, penghargaan tersebut diberikan langsung Chairman Infobank Media Group Eko B. Supriyanto kepada Wakil Direktur BSI Bob Tyasika Ananta, didampuingi Anggota Komisi XI DPR RI Mukhamad Misbakhun, Wakil Wakil Ketua Dewan Pengawas Badan Pengelola Investasi Daya Anagata Nusantara (Danantara) Muliaman D. Hadad.
Ada banyak inovasi yang dilakukan BSI untuk mengejar teknologi dari bank-bank raksasa di Indonesia. Salah satunya dengan menghadirkan super app bernama Byond by BSI di pertengahan tahun lalu.
Aplikasi ini menghadirkan lima solusi utama yaitu pembaruan teknologi, modernisasi antarmuka aplikasi (new UI/UX), rebranding, metode kerja baru, dan pengembangan ekosistem digital. Keamanan pelanggan menjadi prioritas utama dalam perancangan Byond.
Byond menawarkan 130 fitur yang siap digunakan pelanggan. Ke depannya, fitur tambahan akan terus dikembangkan, dengan fokus pada layanan investasi dan gaya hidup. Hal ini menjadi bagian dari komitmen BSI untuk memberikan pengalaman yang lebih baik bagi nasabah.
Aplikasi ini dirancang dengan berbagai lapisan keamanan untuk melindungi konsumen. Byond dilengkapi dengan fraud detection system (FDS) yang dapat mendeteksi pola transaksi mencurigakan.
Lalu, modul keamanan perangkat keras (hardware security module/HSM) yang menjaga data nasabah dalam bentuk terenkripsi.
Aplikasi ini juga dirancang dengan perlindungan firewall, serta mekanisme keamanan di sisi pengguna untuk meningkatkan perlindungan.
Selain itu, BSI juga memperkuat layanan digital dan meningkatkan inklusi keuangan syariah di segmen wholesale, melalui BEWIZE by BSI.
BEWIZE by BSI memberikan layanan terintegrasi dalam satu platform dengan konsep single sign on. Sehingga, memudahkan para lembaga dan korporasi yang menjadi mitra dan nasabah BSI dalam melakukan transaksi keuangan.
Nasabah dapat mengakses layanan Cash Management, Value Chain dan Foreign Exchange dengan mudah, tepat, dan aman. Saat ini layanan-layanan tersebut sudah dimanfaatkan oleh nasabah melalui platform New Cash Management dan Digital Value Chain secara mandiri atau terpisah. Namun, dengan BEWIZE semua disatukan menjadi integrated Single Sign on Platform.
BEWIZE by BSI dilengkapi dengan fitur digital single access platform. Hal tersebut mempermudah aktivitas informasi dan transaksi finansial dalam ekosistem bisnis bagi para pelaku usaha di segmen wholesale, yaitu korporasi dan perusahaan komersial, usaha kecil dan menengah, institusi hingga lembaga pemerintah secara end to end.
Sabet 14 Penghargaan
Perlu diketahui, penghargaan yang diboyong BSI didasarkan pada survei Bank Service Excellence Monitor (BSEM) yang dilakukan oleh Marketing Research Indonesia (MRI) berdasarkan analisis data dan berbagai metode penilaian kualitas pemberian layanan.
Perusahaan pemenang merupakan bank-bank yang dinilai memiliki kinerja terbaik dalam memberikan pelayanan kepada nasabah melalui berbagai channel layanan yang dimiliki.
Sejumlah penghargaan yang diangkut BSI tersebut yakni sebagai berikut:
- The Best of The Best Bank In Service Excellence 2025
- The Best Sharia Bank in Service Excellence
- The Best Sharia Bank in Service Excellence for 5 Consecutive Years (2020 – 2024)
- The Best Sharia Bank in Excellence Security Guard
- The Best Sharia Bank in Excellence Mobile Banking
- The Best Sharia Bank in Excellence Customer Service
- The Best Sharia Bank in Excellence Walk-in Channel
- The Best Sharia Bank in Excellence Convenience Branch Office
- The Best Sharia Bank in Excellence E-Mail Service
- The Best Sharia Bank in Excellence Chatbot
- The Best Sharia Bank in Excellence Branch ATM
- The 2nd Best Sharia Bank in Excellence Live Chat Service
- The 2nd Best Sharia Bank in Excellence Mobile Opening Account
- The 2nd Best Sharia Bank in Excellence Website
(RAL)