Chubb Life Indonesia Bangun Pondasi Bisnis Lewat Agen Berkualitas

Di dunia asuransi, perusahaan asuransi dituntut untuk terus berinteraksi dengan masyarakat, mengenal berbagai macam karakternya, yang pada akhirnya bertujuan untuk membantu kehidupan banyak orang.

Hal inilah yang mendasari Darwin Gunawan, Chief Agency Officer (CAO) Chubb Life Indonesia tertarik untuk terjun ke industri asuransi. Hampir semua lini pernah dijajaki, mulai di bidang risk and compliance hingga masuk ke dalam Agency Management. Di tahun 2023, Darwin ditunjuk menjadi CAO dan menjadi anggota Executive Committee Chubb Life Indonesia. Ia bertanggung jawab untuk memimpin agency di berbagai fungsi secara nasional, sekaligus mengembangkan distribusi, rekrutmen, training dan agency impact.

Di mata Darwin, menjadi agen asuransi bukan hanya tentang menjual produk asuransi, melainkan membangun hubungan dan kepercayaan dengan nasabah. Setiap hari, agen harus berusaha untuk menghadirkan tantangan dan peluang baru untuk pertumbuhan.

Berada di posisi manajemen, Darwin mengemban misi untuk membimbing agen-agen baru dan membantu mereka menavigasi jalan menuju kesuksesan. Baginya, berkontribusi pada pertumbuhan orang lain sambil membantu nasabah merancang dan mewujudkan masa depan keuangan mereka merupakan suatu kepuasan.

“Karir di bidang asuransi menawarkan banyak peluang untuk bertumbuh secara pribadi dan profesional. Berbagai jalur, baik dalam penjualan, underwriting, klaim, atau manajemen, memungkinkan individu untuk menemukan bidang yang sesuai dengan minat mereka,” terangnya.

Pendekatan Chubb Life Indonesia untuk memperkuat posisinya di pasar asuransi Indonesia mencakup inovasi produk asuransi; mengoptimalkan platform digital untuk memberikan kemudahan akses informasi, pembelian polis, dan klaim asuransi bagi nasabah; meningkatkan brand awareness; serta melanjutkan inisiatif kegiatan CSR, termasuk program edukasi dan literasi keuangan di berbagai daerah, sambil selalu mematuhi regulasi dan peraturan yang berlaku.

Melihat marketshare asuransi di Indonesia yang masih sangat kecil, yakni sebesar 3%, profesi agen asuransi diharapkan akan terus berkembang. Meskipun tak dipungkiri akan adanya tantangan dan perubahan yang dipengaruhi oleh teknologi, regulasi, sosial-ekonomi dan kebutuhan masyarakat yang terus berkembang.

Oleh sebab itu, Chubb Life Indonesia akan terus adaptif dan inovatif terhadap kebutuhan nasabah yang terus berubah. Data analytics menjadi fokus untuk meningkatkan dan mengembangkan solusi per- lindungan keuangan dan kesehatan yang lebih unggul, sehingga nasabah dapat merencanakan masa depan sesuai dengan kebutuhan gaya hidup mereka.

Chubb Life juga telah mulai memperluas saluran distribusi untuk menjangkau lebih banyak nasabah dan menawarkan mereka pilihan pembelian yang fleksibel dan nyaman. Upaya ini termasuk memperluas kemitraan dengan bank juga saluran nontradisional seperti fintech, platform e-commerce, dan startup insurtech.

Terdapat tantangan signifikan di seluruh industri asuransi di Indonesia: mempercepat pengembangan keterampilan agen di lapangan. Agen harus memahami secara komprehensif produk dan layanan yang ditawarkan oleh perusahaan asuransi, serta membangun hubungan yang kuat dan langgeng dengan nasabah mereka.

Selain itu, perusahaan asuransi harus terus melakukan inovasi terhadap produk yang ditawarkan, sebagai respons atas perubahan kebutuhan nasabah yang sangat cepat akibat dari berbagai faktor, seperti kondisi ekonomi dan perubahan lingkungan.

Seorang agen harus tetap memiliki keterampilan yang kuat dalam memahami kebutuhan nasabah dan memberikan nasihat perencanaan keuangan yang komprehensif kepada nasabah. Untuk berhasil dalam karier di perusahaan asuransi, seorang agen perlu memiliki beberapa kualitas kunci, baik dalam membangun hubungan dengan nasabah maupun dalam mencapai target penjualan.

Ada lima poin penting yang perlu dimiliki oleh seorang agen. Pertama, kemampuan komunikasi yang baik. Kedua, pengetahuan tentang detail produk asuransi yang ditawarkan.

Ketiga, empati dan keterampilan membina hubungan. Keempat, ketahanan mental dan ketekunan yang menjadi kunci keberhasilan. Kelima, sertifikasi profesional, seperti sertifikasi AAJI untuk asuransi jiwa atau AAUI untuk asuransi umum sehingga menunjukkan profesionalisme dan meningkatkan kepercayaan calon nasabah.

Perluas Keagenan

Di tengah era digital, kanal keagenan tetap memainkan peran krusial bagi perusahaan asuransi jiwa. Chubb Life Indonesia memperkuat layanan keagenan yang berfokus pada membangun pondasi bisnis agency yang kuat dengan cara melakukan organik recruitment.

Di dalam organik recruitment dilakukan profiling dan segmentasi yang tepat untuk mendapatkan kandidat agen asuransi yang berkualitas. Dengan masuknya agen asuransi yang berkualitas akan membawa bisnis yang berkualitas yang mana akan sangat berdampak positif kepada persistency dan profitabilitas bisnis.

“Kami mendorong para agen asuransi untuk terus melakukan aktivitas yang konsisten dengan cara memberikan development yang berkesinambungan, sehingga para agen asuransi Chubb Life Indonesia dapat lebih percaya diri, kompetitif, adaptif dan termotivasi,” ungkapnya.

Terdapat sejumlah keuntungan yang dapat diperoleh para agen yang bergabung di Chubb Life Indonesia. Selain berkesempatan untuk bekerja dengan perusahaan global terkemuka yang memiliki track record kuat dalam keberhasilan di industri asuransi, para agen akan mendapatkan tawaran skema kompensasi yang kompetitif dan insentif yang menarik.

Agen juga menerima pelatihan dan dukungan yang membantu meningkatkan keterampilan dan pengetahuan mereka. Semua ini dapat mendukung karier dan aktivitas penjualan, serta berkontribusi pada pertumbuhan bisnis di tingkat korporasi maupun industri asuransi.

Berbeda dengan perusahaan asuransi lain, para agen Chubb Life Indonesia dapat menjual produk asuransi jiwa maupun asuransi umum, sesuai dengan peraturan yang berlaku.

Agen Chubb Life Indonesia akan mendapatkan pelatihan asuransi, mulai dari pengenalan perusahaan, dasar-dasar asuransi, ragam produk asuransi, teknik penjualan, serta pelatihan mengenai etika dan compliance, kompensasi, dan lainnya. Chubb Life Indonesia juga membekali agen dengan marketing programs dan sales tools, dan dengan dukungan dari tim yang berpengalaman.

Kualitas yang dibangun dari dalam “tubuh keagenan” ini akan membuka jalan bagi pemegang polis untuk meraih masa depan dan impian dengan percaya diri dan tanpa kekhawatiran. Hal ini sejalan dengan komitmen Chubb Life Indonesia untuk selalu ada di setiap tahap kehidupan nasabahnya. RAL

You might also like
Komentar Pembaca

Your email address will not be published.