BRI Insurance Raih Penghargaan di Ajang 13th Anugrah BUMN 2024, Ini Dia 3 Prestasi Ciamik yang Ditorehkan

Jakarta– BRI Insurance kembali menegaskan posisinya sebagai perusahaan asuransi umum terbaik di Indonesia setelah sukses memperoleh penghargaan di ajang 13th Anugrah BUMN 2024.

Dalam rating tersebut, BRI Insurance, yang kini di kelas elite, meraih predikat “Sangat Bagus” dan duduk di peringkat pertama. Setelahnya, menyusul Asuransi Astra Buana dan Asuransi Wahana Tata

Kelompok perusahaan asuransi umum raksasa atau berpremi bruto Rp2,5 triliun ke atas dihuni oleh sembilan perusahaan. Enam perusahaan berhasil meraih predikat “sangat bagus” karena kinerjanya cemerlang di 2023. BRI

Asuransi Indonesia yang juga dikenal sebagai BRI Insurance (BRINS) memimpin di kelompok ini. Di rating asuransi 2024 ini, dalam catatan Infobank, BRI Insurance, yang dipimpin R. Budi Legowo sebagai Direktur Utama, sekurangnya berhasil mengukir tiga prestasi.

Pertama, BRI Insurance mampu mencatatkan jumlah pendapatan premi sebesar Rp3,30 triliun atau tumbuh sebesar 26,60% dibandingkan tahun 2022 yang sebesar Rp2,60 triliun.

Berdasarkan data rating, BRI Insurance mendapat total skor 93,00%. Karenanya, perusahaan asuransi umum    yang merupakan bagian dari BRI Group ini berhak meraih predikat “Sangat Bagus”.

Kedua, dengan didapatnya predikat prestisius itu, artinya, di tahun ini, BRI Insurance berhasil mencatatkan namanya sebagai perusahaan asuransi umum berpredikat “sangat bagus” selama 15 tahun berturut-turut.

Ketiga, sebagai “pendatang baru” di kelas elite, BRI Insurance langsung menunjukkan kelasnya sebagai salah satu perusahaan asuransi umum terbaik di Indonesia. Hal itu ditandai dengan keberhasilannya duduk di peringkat pertama.

BRI Insurance mampu mengungguli perusahaan-perusahaan asuransi umum raksasa lainnya. Dalam rating ini, dari 12 aspek penilaian, BRI Insurance meraih skor sempurna di 11 aspek, yakni rasio pencapaian solvabilitas minimum (RBC), likuiditas, investasi plus aset lancar banding total aset, rasio kecukupan investasi, pertumbuhan premi bruto, pertumbuhan modal sendiri, beban banding pendapatan premi neto.

Kemudian, di aspek hasil underwriting banding premi neto, perimbangan hasil investasi dengan pendapatan premi neto, laba sebelum pajak banding rata-rata modal sendiri, dan laba komprehensif banding rata-rata modal sendiri.

Sedangkan, untuk satu aspek penilaian lainnya, yakni premi retensi sendiri banding modal sendiri, nilai yang didapat BRI Insurance terbilang cukup baik.

Prestasi gemilang yang dicapai BRI Insurance di rating kali ini tak lepas dari kinerjanya yang apik tahun lalu.

Menurut data Biro Riset Infobank (birI) di tahun 2023 BRI Insurance mampu menggenjot bisnisnya dengan optimal. Jumlah pendapatan premi sebesar Rp3,30 triliun.

Di sisi profitabilitas, menutup 2023 BRI Insurance membukukan laba bersih Rp483,09 miliar atau tumbuh 29,25% dari Rp373,77 miliar di tahun 2022.

Lebih jauh, bisnis BRI Insurance yang moncer di tahun lalu juga menunjukkan komitmen perusahaan asuransi umum ini dalam berkontribusi menjaga ketahanan sekaligus pertumbuhan ekonomi Indonesia dengan baik.

Dalam peta industri perasuransian nasional, BRI Insurance merupakan perusahaan asuransi umum yang senantiasa mencapai pertumbuhan di atas rata-rata pertumbuhan industri.

Perusahaan yang pada April 2024 lalu genap berusia 35 tahun ini berupaya untuk mewujudkan aspirasinya untuk menjadi perusahaan yang secure dan focus pada pertumbuhan jangka panjang yang kuat dan sehat.

“BRI Insurance bertekad untuk menjadi perusahaan asuransi umum terbaik di kelasnya dengan fokus pada bisnis mikro dan ritel, pengembangan teknologi yang unggul, serta berorientasi pada layanan pelanggan,” tambah Budi Legowo.

Untuk merealisasikan aspirasi tersebut, BRI Insurance mengandalkan bisnis yang berpilar pada bisnis mikro, ritel, wholesale, dan syariah.

Empat pilar ini sebagai dasar pengembangan bisnis dan penentuan langkah strategis dengan diversifikasi saluran distribusi, baik konvensional maupun digital.

Hal ini ditopang oleh kualitas produk dan layanan, optimalisasi dan digitalisasi proses bisnis, budaya kepatuhan dan pengelolaan eksposur risiko, kompetensi dan kinerja pekerja, dan implementasi budaya kerja yang sesuai dengan nilai-nilai perusahaan.

Budi Legowo menegaskan, BRI Insurance juga melakukan diversifikasi sumber bisnis serta digitalisasi bisnis dengan tetap menerapkan risk management dan tata kelola perusahaan yang baik.

Perluasan penjualan produk ritel melalui channel digital diakselerasi dengan membuat ekosistem yang terintegrasi dengan insurtech. BRI Insurance membuka pintu lebar-lebar untuk kolaborasi bisnis yang mendukung keberhasilan bersama  Untuk menjaga loyalitas nasabah dengan standardisasi

layanan yang optimal, BRI Insurance secara terukur melakukan peningkatan kualitas pelayanan, kualitas produk, serta kompetensi sumber daya manusia (SDM) yang unggul dalam inovasi dan kompetensi. Perwujudan dari komitmen ini adalah transformasi proses bisnis dan budaya.

“Dengan strategi ini, kami yakin, BRI Insurance dapat tumbuh secara berkelanjutan dengan meningkatkan market share industri serta menjadi perusahaan yang sehat dan mampu memberikan pelayanan yang optimal kepada seluruh stakeholder,” tukas Budi Legowo.

Kinerja ciamik BRI Insurance di 2023 berlanjut hingga awal 2024, Itu tercermin dari kinerjanya yang tumbuh solid. Pada triwulan pertama tahun ini, BRI Insurance mampu mencatatkan pendapatan premi bruto sebesar Rp1.02 triliun atau tumbuh sebesar 40,49% dibandingkan triwulan I/2023 yang sebesar Rp724 miliar

Pertumbuhan premi bruto di triwulan pertama didukung juga dengan keberhasilan BRI Insurance untuk kinerjanya, yang ditandai dengan sejumlah prestasi berupa berbagai penghargaan penting, baik di bidang utamanya yakni industri asuransi maupun untuk kegiatan sosial dan lingkungan.

Tercatat, sepanjang triwulan pertama 2024, setidaknya lebih dari enam penghargaan bergengsi telah diraih BRI Insurance.

Penghargaan tersebut berasal dari berbagai lembaga maupun organisasi dan media massa tingkat nasional yang dianggap kredibel. Sebut saja sebagai  Best Public Relation in Expanding Market Segmentation Through Product Innovation and Distribution Channel Optimization (Category General Insurance) dari Warta Ekonomi; Perusahaan Pembayar Zakat Terbaik BAZNAS RI 2024 dari Baznas.

Ada pula, Indonesia Excellence Good Corporate Governance Ethics in Strategy Implementation to Increase Performance Growth (Category General Insurance) dari Warta Ekonomi; Terbaik II Kategori Program Perusahaan Pengembangan UMKM Anak Perusahaan

BUMN dari BUMN Track Best CEO in Developing Performance Driven Culture – R. Budi Legowo dari BUMN Track; dan terakhir sebagai Indonesia Best 50 CEO 2024 In General Insurance Category “Employees’ Choice” dari The Iconomic.

Sederet prestasi itu menjadi bukti nyata bahwa BRI Insurance mampu menunjukkan kinerjanya dengan sangat baik di awal 2024, khususnya di industri asuransi kerugian nasional. Capaian-capaian itu tentu tak terlepas dari kontribusi insan BRI Insurance melalui kinerja dan budaya kerja yang baik serta kepercayaan masyarakat terhadap pelayanan BRI Insurance selama ini.

Ditegaskan Fenti Octaviani, Vice President Corporate Secretary BRI Insurance, untuk mencapai keberhasilan yang optimal, berbagai upaya akan terus dilakukan BRI Insurance. Baik dari sisi pelayanan terhadap nasabah maupun dari sisi culture transformasi di internal yang selaras dengan semangat BRI Group.

“Mewakili apa yang sedang dilakukan manajemen, tahun ini dan ke depannya, BRI Insurance akan terus melakukan pembenahan dalam layanan untuk memenuhi kebutuhan  masyarakat atas proteksi aset dan diri dari BRI Insurance,” terang Fenti.

Selain itu, Fenti menyampaikan terima kasih kepada seluruh stakeholder atas kepercayaan yang telah diberikan kepada BRI Insurance sehingga capaian dan prestasi tersebut dapat dijadikan semangat dalam memberikan pelayanan terbaik.

Di lain sisi, sebagai upaya dalam menciptakan portofolio bisnis yang tumbuh sehat dan berkelanjutan, di 2024 ini, BRI Insurance mengusung tema tahunan “Strengthening Interconnected Business to Drive Sustainability with Business Diversification and Partnership”.

Tema itu diterjemahkan dengan komitmen BRI Insurance untuk selalu meningkatkan kinerja yang lebih baik serta memberikan pelayanan yang terbaik bagi nasabah dengan cara berkolaborasi. Baik di dalam BRI Group maupun mitra bisnis lainnya dalam meningkatkan customer engagement   yang   mampu   menghasilkan   value dan manfaat dari BRI Insurance sebagai mitra tepercaya yang andal untuk solusi perlindungan. (*) Ari Nugroho

Editor: Ranu Arasyki Lubis

You might also like
Komentar Pembaca

Your email address will not be published.