Connect with us

Tujuh Korban Longsor di Banjarbaru, Lima Tewas

(Foto: BNPB)

National

Tujuh Korban Longsor di Banjarbaru, Lima Tewas

THE ASIAN POST, PALANGKARAYA ― Badan Nasional Penanggulangan Bencana  (BNPB) melaporkan, 7  korban longsor di Banjarbaru berhasil ditemukan, 5 Tewas dan 2 Selamat.

Dalam keterangan tertulisnya, BPNB menyebut, evakuasi, pencarian dan penyelamatan tujuh korban longsor di Kecamatan Cempaka Kota Banjarbaru Provinsi Kalimantan Selatan dinyatakan selesai dan ditutup.

Tim SAR gabungan dari Basarnas, BPBD, TNI, Polri, SKPD, Tagana, PMI, relawan dan masyarakat telah berhasil menemukan semua korban. Dari tujuh korban yang tertimbun longsor, 5 orang meninggal dunia dan 2 orang dalam kondisi luka-luka. Jenasah telah diserahkan pada pihak keluarga.

Kejadian longsor terjadi di pendulangan intan tradisional di Desa Sei Pumpung Kecamatan Cempaka Kota Banjarbaru Provinsi Kalimantan Selatan pada Senin (8/4) pukul 14.48 WITA.

Menurut BPNB, longsor disebabkan kondisi tanah yang labil dengan material tanah bercampur pasir dan kerikil basah akibat hujan yang turun sejak pagi hari.

“Saat kejadian ada tujuh pendulang yang sedang mencari intan yang dilakukan secara rutin karena matapencaharian mereka adalah pendulang intan,” demikian disebutkan.

Dua orang ada di atas sedangkan 5 orang berada di bawah. Tiba-tiba terjadi longsor yang menimbun mereka. Dua orang berhasil diselamatkan, atas nama  Ardi dan Ipul, karena berada di bagian atas, sedangkan lima orang yang berada di bagian bawah meninggal karena tertimbun material longsor di kedalaman sekitar 15 meter. Semua korban adalah warga Kecamatan Cempaka atau warga sekitar lokasi tambang.

Evakuasi korban, menurut BNPB, dapat dilakukan secara cepat, sejak kejadian hingga Senin (9/4) pukul 04.30 WITA.

Pencarian dilakukan secara manual karena alat berat tidak dapat dibawa di lokasi karena kondisi medan tidak memungkinan. Tim SAR gabungan didukung oleh lampu penerangan, mesin genset, pompa, dan dapur umum. Kendala evakuasi adalah hujan dan angin kencang yang medan berlumpur.[]

Continue Reading
Advertisement
You may also like...
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.

More in National

Most Popular