Connect with us

Penataan Ulang Sistem Ekonomi Nasional Diperlukan Pasca Pandemi

Economy

Penataan Ulang Sistem Ekonomi Nasional Diperlukan Pasca Pandemi

Jakarta – Pasca pandemi Covid-19, penataan ulang sistem ekonomi nasional sangat dibutuhkan. Hal ini disampaikan oleh Eko B. Supriyanto selaku Editor in Chief Infobank ketika membuka webinar yang diselenggarakan oleh Infobank dan Asianpost, bekerja sama dengan Orbitin.id dan Alumni Amerika Serikat (Alumnas), dengan topik “Indonesia Economic, Investment, and Development: The Great Reset and Future Prospects”.

“Kita mencoba memberikan kontribusi kepada Indonesia, memberikan masukan kepada pemerintah. Pandemi Covid-19 telah merubah seluruh sendi-sendi kehidupan. Hikmah baiknya adalah bagaimana terjadi empat shifting dimana terjadi digitalisasi, dimana terjadi perubahan-perubahan cara kerja, dimana orang semakin care satu dengan yang lain, dan yang paling penting saat ini adalah bagaimana menata ulang kembali,” ujarnya, Rabu, 3 Maret 2021.

Ia juga menyatakan bahwa kebijakan stimulus yang dilakukan oleh pemerintah Indonesia telah berhasil menekan dampak destruktif dari pandemi terhadap perekonomian, yang mana dapat dilihat dari perbandingan tingkat keparahan kontraksi ekonomi antar negara.

“Indonesia pada tahun 2020 mengalami kontraksi -2,19%. Dan dalam hal ini jika dibandingkan dengan negara-negara lain, kita relatif lebih baik. Stimulus ekonomi yang sudah diberikan oleh pemerintah di tahun 2020 dan akan bergulir di tahun 2021, ketika APBN bekerja sangat keras, seperti yang dikatakan Kementerian Keuangan. Seandainya tak ada stimulus itu, barangkali kontraksi ekonomi akan lebih dalam,” jelasnya.

Dirinya pun mengungkapkan rasa terima kasihnya atas terselenggaranya webinar “Indonesia Economic, Investment, and Development: The Great Reset and Future Prospects”, yang mana akan memberikan banyak masukan serta strategi dalam membangun ekonomi nasional di era pasca pandemi nanti.

Continue Reading
Advertisement
You may also like...
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

More in Economy

To Top