Connect with us

KYB Project Dorong Pengembangan Industri Desain Kreatif

Business

KYB Project Dorong Pengembangan Industri Desain Kreatif

Jakarta – Produk-produk kreatif yang memanfaatkan limbah konsumsi harian menjadi bahan baku multiguna yang dapat dimanfaatkan menjadi barang-barang berguna perlu mendapatkan perhatian khusus. Melihat hal ini PT Ide Dua Cipta memperkenalkan KYB Project sebuah gerakan kreatif yang concern pada produk-produk kreatif tadi.

KYB Project mengembangkan metode pengolahan produk dari hulu ke hilir yang berkelanjutan dan nyaris tanpa limbah. Terobosan produksi almost zero waste ini dikembangkan melalui rangkaian riset kreatif menggunakan konsumsi energi tepat guna dan bahan dasar bio-chemical sehingga mendukung terciptanya ekosistem sirkular. Limbah hasil proses produksi aman untuk dimanfaatkan lebih lanjut untuk keperluan industri lain atau untuk kebutuhan produksi berikutnya (reuse).

Rony Rahardian, Direktur Utama PT Ide Dua Cipta mengakui memulai riset KYB Project ketika melihat kondisi sekitar dan kebutuhan studio akan materi produksi dan banyak bersinggungan dengan limbah konsumsi sehari-hari seperti puntung rokok, ampas kopi, bekas gelas kopi hingga masker yang banyak digunakan selama pandemi.

“Materi KYB Project sangat mungkin dipakai untuk kebutuhan produksi lain seperti mode termasuk aksesoris mode, perabotan dan dekorasi rumah, kebutuhan industrial, hingga kebutuhan modifikasi desain otomotif. Tidak menutup kemungkinan bisa untuk kebutuhan produksi industri lain ke depannya.” tambah Rony.

Peluncuran KYB Project merupakan milestone penting PT Ide Dua Cipta dalam menjawab tantangan untuk terus menciptakan terobosan-terobosan kreatif yang segar sekaligus mendukung agenda pemerintah akan pengembangan ekonomi kreatif berkelanjutan dan bertanggung jawab (circular economy).

Komitmen ini pun sejalan dengan program dari Otoritas Jasa Keuangan (OJK) yang menerapkan kewajiban Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan oleh seluruh lembaga jasa keuangan (LJK). Keseriusan akan komitmen ini ditunjukkan oleh PT Ide Dua Cipta dengan mendaftarkan hak paten atas inovasi kreatif KYB Project ke Direktur Jenderal Kekayaan Intelektual Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia Indonesia.

Saat ini, PT Ide Dua Cipta sedang menyiapkan kolaborasi KYB Project bersama para seniman muda ternama dan komunitas kreatif yang akan diluncurkan pada bulan Desember mendatang.

Continue Reading
Advertisement
You may also like...
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.

More in Business

Most Popular

To Top