Connect with us

Kampanyekan #MoneyParenting, Eastspring Investments Indonesia Gandeng BCA

Finance

Kampanyekan #MoneyParenting, Eastspring Investments Indonesia Gandeng BCA

Jakarta – Berdasarkan hasil studi perdana Asia Money Parenting yang dilakukan Eastspring Investments pada 10.000 orang tua di 9 pasar Asia yang mengeksplorasi bagaimana orang tua mendidik anak mereka tentang tanggung jawab finansial mulai dari persepsi, kebiasaan, pengetahuan, bersikap dan pemahaman tentang keuangan ini diturunkan kepada anak-anak mereka, PT Eastspring Investments Indonesia (Eastspring Indonesia) mengampanyekan kembali #MoneyParenting – Do it Right Together. Kampanye ini merupakan suatu proses untuk meningkatkan pemahaman orang tua dalam mendidik sikap dan keyakinan mengenai keuangan kepada anaknya.

Kampanye yang telah diluncurkan pada November 2020 ini sejalan dan mendukung program literasi keuangan yang juga dikampanyekan oleh OJK. Harapannya orang tua memberikan pendidikan keuangan sejak dini agar dapat menanamkan kebiasaan keuangan yang baik dan bisa mengambil keputusan keuangan yang bijak di masa depan.

Eastspring Indonesia berkolaborasi dengan BCA dalam acara Wealth Inspiration Webinar Money Parenting yang bertemakan “Pentingnya Edukasi Keuangan Sejak Dini” mengundang narasumber Natasha Dewanti, artis & pemain sinetron di salah satu TV swasta nasional untuk  berbincang mengenai Money Parenting  melalui Webinar BCA Expoversary Online pada Rabu, 23 Maret 2022 sebagai upaya mendorong literasi keuangan agar parents dapat mengajarkan anak-anak memahami dasar keuangan mulai dari cara menghasilkan (earn), menabung (save), membelanjakan (spend), memberi (donate) hingga berinvestasi untuk persiapan masa depan mereka.

“Kami harap dengan kampanye #MoneyParenting, kami bisa membimbing para orang tua dengan kepercayaan diri agar lebih paham bagaimana melatih anak dalam mengelola keuangan yang sukses. Melalui inisiatif ini, kami ingin membantu para orang tua memberikan pemahaman dasar mengenai pentingnya nilai uang kepada anak-anak, karena kami percaya orang tua memiliki peran yang sangat penting dalam membentuk keyakinan dan sikap anak sehari–hari yang dapat membantu anak-anak membuat keputusan finansial yang lebih baik saat mereka dewasa nanti,” ucap Alan J. Tangkas Darmawan selaku Presiden Direktur Eastspring Indonesia, seperti pada keterangan tertulisnya, Rabu (23/3).

Sementara Senior Executive Vice President Wealth Management BCA Ugahary Yovvy Chandra menerangkan, Bank Central Asia senantiasa memberikan solusi keuangan yang menyeluruh dan relevan. “Kali ini, sebagai bagian rangkaian edukasi investasi kepada nasabah khususnya para parents, BCA bersama dengan Eastspring Indonesia memberikan tips – tips dalam memberikan inspirasi dan mempersiapkan masa depan anak dan keluarga. Kami berharap kolaborasi BCA dengan Eastspring Indonesia dapat bermanfaat bagi nasabah,” ujarnya.

Hasil survei Asia Money Parenting juga menyebutkan sebanyak 30% orang tua Indonesia meyakini bahwa anak harus belajar menggunakan uang ketika usia mereka masih di bawah 6 tahun. Kemudian 32% lainnya percaya bahwa anak harus belajar mengelola uang ketika mereka berusia antara 7 dan 10 tahun. Dari sana tersimpulkan tahapan money parenting anak sesuai usia, 3-6 tahun mengenalkan konsep uang, 7-9 tahun memberi pemahaman akan nilai dari suatu barang, 10-12 tahun mengenalkan konsep menghasilkan (earn), menabung (save), dan membelanjakan (spend), lalu 13 tahun ke atas mendorong anak mulai belajar mandiri untuk mengelola uangnya sendiri.

Eastspring Indonesia siap membantu para orang tua menjadi panutan yang lebih baik bagi anak mereka melalui berbagai pengetahuan dan tips pada microsite www.eastspring.com/id/money-parenting.

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.

More in Finance

Most Popular

To Top