Connect with us

Jokowi Reshuffle Kabinet, Mantan Dirut Mandiri Jadi Menkes

National

Jokowi Reshuffle Kabinet, Mantan Dirut Mandiri Jadi Menkes

Jakarta – Presiden Joko Widodo (Jokowi) secara mengejutkan pada hari ini (22/12)  melakukan pergantian atau reshuffle pada 6 jajaran Kementerian Kabinet Indonesia Maju. Dalam reshuffle kali ini tercatat terdapat 5 nama baru yang masuk dalam jajaran kabinet Jokowi.

Yang menarik, selain kelima nama tersebut, terdapat 1 nama Wakil Menteri BUMN yang juga Mantan Direktur Utama Bank Mandiri Budi Gunadi Sadikin yang ditugaskan Jokowi untuk menjadi Menteri Kesehatan menggantikan Terawan Agus Putranto.

“Sore yang berbahagia ini saya dengan bapak wakil presiden ingin mengumumkan menteri-menteri baru yang akan duduk di Anggota Kabinet Indonesia Maju. Untuk itu saya akan memperkenalkan satu persatu,” kata Jokowi di halaman Istana Negara, Selasa 22 Desember 2020.

Selain itu, terdapat lima nama menteri baru di Kabinet Indonesia Maju yakni pertama Tri Rismaharini yang merupakan Walikota Surabaya diangkat Jokowi menjadi Menteri Sosial menggantikan Juliari Batubara yang tersandung kasus korupsi dana bantuan sosial covid-19.

Kedua, mantan Wakil Gubernur DKI Jakarta Sandiaga Uno juga dipercaya Jokowi sebagai Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif menggantikan Wishnutama Kusubandio.

Ketiga, M Lutfi ditunjuk Jokowi menjadi Menteri Perdagangan yang menggantikan Agus Suparmanto. Selain itu nama yang keempat ialah Yahya Cholil Stakuf menggantikan Fachrul Razi sebagai Menteri Agama.

Kelima, Wahyu Sakti Trenggono ditunjuk sebagai Menteri Kelautan dan Perikanan menggantikan Edhy Prabowo yang tersandung kasus korupsi ekspor benih lobster ditangkap KPK.

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

More in National

To Top