Connect with us

Jamkrida Jatim Raih 2 Top BUMD Awards 2022

Direktur Utama PT Jamkrida Jatim, Untung Heri Sukariyanto (tengah), saat menerima penghargaan Top BUMD Awards 2022 dan Top CEO BUMD 2022. (Foto: Jamkrida Jatim)

Business

Jamkrida Jatim Raih 2 Top BUMD Awards 2022

Jakarta – PT Penjaminan Kredit Daerah Jawa Timur (Jamkrida Jatim) berhasil meraih dua penghargaan Top BUMD Awards 2022, yaitu Top BUMD Awards 2022 #Jamkrida – Bintang 4 dan Top CEO BUMD 2022.

Pemberian penghargaan yang digelar di Hotel Raffles Jakarta pada Rabu, 20 April 2022 itu merupakan hasil kolaborasi sejumlah lembaga, seperti I-Otda (Institut Otonomi Daerah), LKN (Lembaga Kajian Nawacita), SGL Management, PPM Manajemen, Sinergi Daya Prima, Dwika Consulting, Melani K. Harriman and Assoociate, Solusi Kinerja Bisnis (SKB), Yayasan Pakem, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Padjajaran, dan Top Business.

“Jamkrida Jatim dinilai berhasil dalam membangun kinerja bisnis dan layanan yang berkelanjutan. Salah satu keberhasilanya yaitu Setoran PAD yang terus meningkat,” M. Lutfi Handayani, Ketua Penyelenggara Top BUMD Awards 2022.

Menurut Prof. Dr. Djohermansyah Djohan, M.A. selaku Ketua Dewan Juri Top BUMD Awards 2022, ada empat aspek dalam penilaian yang digunakan Dewan Juri dalam Top BUMD Awards 2022.

Pertama, aspek pencapaian kinerja bisnisnya, baik dan berkelanjutan (achievement). Kedua, BUMD yang terus melakukan perbaikan (improvement). Ketiga, aspek kontribusi dalam pembangunan daerah. Keempat, aspek strategi/inovasi untuk mendukung bisnis di masa Pandemi/Kenormalan Baru.

Keberhasilan Jamkrida Jatim memperoleh penghargaan ini tak lepas dari tiga tujuan dibentuknya perseroan daerah itu, yaitu memberikan jasa penjaminan pembiayaan kepada Usaha Mikro, Kecil, Menengah dan Koperasi (UMKM dan koperasi), meningkatkan kegiatan ekonomi di Jatim, dan meningkatkan sumber Pendapatan Asli Daerah (PAD).

Di bawah komando Untung Heri Sukariyanto selaku Direktur Utama, kinerja Jamkrida Jatim begitu apik. Hal ini terlihat dari setoran PAD yang diberikan kepada Pemprov jatim terus meningakat dari tahun ke tahun.

“Jamkrida Jatim sebagai BUMD dengan kepemilikan dan permodalan yang berasal dari Pemprov Jatim berperan untuk memberikan imbal atas hasil usaha dalam bentuk PAD. PAD yang dihasilkan Jamkrida Jatim pada tahun 2021 meningkat sebesar 10,23% dibanding tahun 2020,” ungkap Untung Heri Sukariyanto.

Kinerja keuangan Jamkrida Jatim juga memuaskan. Menilik total aset per 31 Desember 2021 mengalami peningkatan (yoy) 18% sebesar Rp 384,52 miliar dibanding tahun 2020 sebesar Rp 325,98 miliar. Begitupun total pendapatan operasional pada tahun 2021 sebesar Rp 156,46 miliar atau naik sebesar Rp 84,35 miliar dari tahun 2020 sebesar Rp. 72,11 miliar.

“Laba usaha Jamkrida Jatim memiliki trend meningkat dari tahun 2019-2021 dengan peningkatan rata-rata 35,46%,” ujar Untung Heri Sukariyanto.

Capaian membanggakan tersebut berkat terobosan dan inovasi yang dilakukan Jamkrida Jatim. Antara lain, Layanan One Day Service untuk Penjaminan Pengadaan Barang dan Jasa (Surety Bond), serta pemanfaatan teknologi informasi yang didukung dengan adanya pedoman SOP, struktur organisasi dalam sistem informasi, dan manajemen pengamanan data dan insiden (disaster recovery plan) dengan adanya server backup.

“Dengan pemanfataan teknologi informasi ini, proses kerja antar unit kerja di Jamkrida Jatim dapat terintegrasi secara menyeluruh,” ujar Untung Heri Sukariyanto.

Selain Top BUMD Awards 2022 dan Top CEO 2022 untuk Untung Heri Sukariyanto, Jatim juga menerima Top Pembina BUMD 2022 untuk Hj. Khofifah Indar Parawansa selaku Gubernur Jatim. (*)

Editor: Darto Wiryosukarto

Continue Reading
Advertisement
You may also like...
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.

More in Business

Most Popular

To Top