Connect with us

Indonesia Negara Paling Damai Ketujuh di Asia-Pasifik

Indonesia Negara Paling Damai Ketujuh di Asia-Pasifik
(Foto: istimewa)

International

Indonesia Negara Paling Damai Ketujuh di Asia-Pasifik

THE ASIAN POST, JAKARTA –  Empat dari sembilan wilayah di dunia mengalami peningkatan kedamaian pada tahun 2019, yakni Rusia dan Eurasia, Asia-Pasifik, Eropa, serta wilayah  Timur Tengah dan Afrika Utara.

Peningkatan kedamaian di Asia-Pasifik utamanya dipengaruhi oleh tiga faktor, sebagian besar karena peningkatan dana pemeliharaan perdamaian PBB, menurunnya tingkat kekerasan demonstrasi, dan  kematian dari internal konflik.

Indonesia yang masuk dalam kawasan ini berada di urutan ketujuh dari 19 negara, sementara di tingkat global berada di posisi ke-41 dari 163 negara yang diperingkat.

Dalam laporan terbaru Global Peace Index (GPI) yang dikeluarkan The Institute for Economics & Peace (IEP), baru-baru ini menyebutkan,  dampak terorisme terus memburuk terjadi di kawasan Asia-Pasifik.

Meski begitu, dikatakan, 13 dari 19 negara di kawasan ini membaik pada 2019, sementara enam negara memburuk. Lima negara Asia-Pasifik berada di peringkat 25 besar secara global, dengan Selandia Baru menempati posisi pertama di kawasan dan kedua secara keseluruhan di GPI 2019.

Korea Utara adalah satu-satunya negara Asia-Pasifik  yang berada di posisi 25 terbawah dari GPI. Skor Korea Utara ini disebabkan keberadaan nuklir dan kemampuan senjata berat yang dimiliki, meskipun lebih dari satu tahun telah ada negosiasi denuklirisasi dengan Korea Selatan dan AS.

Sementara Myanmar mengalami kerusakan terbesar di kawasan Asia-Pasifik, terutama karena di negara ini tengah berlangsung konflik. Pemberontakan dan konflik bersenjata terus berlanjut di seluruh negeri, meskipun ada gencatan senjata nasional 2015.

Selandia Baru dan Australia (peringkat 2 dan 13) sedikit memburuk dibanding tahun lalu.  Australia turun satu peringkat karena peningkatan militerisasi, yakni impor senjata dan pengeluaran militer, serta senjata nuklir dan berat.

Tingkat penahanan di Australia juga naik. Sedangkan Selandia Baru  berhasil mempertahankan atau meningkatkan 22 dari 23 indikator. Namun,  akibat dampak terorisme 15 Maret 2019, karena penyerangan dua masjid di Christchurch, di mana 50 orang tewas, menyebabkannya sedikit memburuk. Tetapi, perbaikan dalam lima indikator lainnya, membantu Selandia Baru mempertahankan peringkatnya sebagai negara kedua paling damai di dunia.

Berikut urutan negara paling damai di kawasan Asia Pasifik:

  1. Selandia Baru
  2. Singapura
  3. Jepang
  4. Australia
  5. Malaysia
  6. Taiwan
  7. Indonesia
  8. Mongolia
  9. Laos
  10. Timur-Leste
  11. Korea Selatan
  12. Vietnam
  13. Kamboja
  14. Papua Nugini
  15. Cina
  16. Thailand
  17. Myanmar
  18. Philipina
  19. Korea Utara

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.

More in International

Most Popular

To Top