Connect with us

Dirut Bank Mandiri Taspen Raih Infobank Top 100 CEO 2022

Direktur Utama Bank Mandiri Taspen, Elmamber Petamu Sinaga. (Foto: Dok. Bank Mantap)

Perbankan

Dirut Bank Mandiri Taspen Raih Infobank Top 100 CEO 2022

Jakarta – Dinilai berhasil memimpin insitusinya, Direktur Utama PT Bank Mandiri Taspen (Bank Mantap), Elmamber Petamu Sinaga, sukses membawa pulang penghargaan Infobank Top 100 CEO 2022 yang diadakan Majalah Infobank di Hotel Pullman Thamrin, Jakarta, Rabu, 23 November 2022.

Infobank Top 100 CEO 2022 termasuk dalam rangkaian acara Infobank Top 100 CEO & The Next Leaders Forum 2022 yang adalah hasil kolaborasi antara Infobank Media Group bersama Ikatan Bankir Indonesia (IBI). Acara yang mengangkat tema The Secrets of Effective Leadership in a Crisis ini terdiri dari serangkaian agenda, diantaranya Economic Outlook 2023Leadership Sharing, pemberian anugerah Bankers of the Year 2022, CEO of the Year 2022, dan acara puncak pengakuan jajaran Top 100 CEO & The Next 200 Leaders 2022 versi Infobank.

Infobank Top 100 CEO 2022 adalah 100 pemimpin perusahaan terpilih dari lima sektor industri, yakni perbankan, asuransi jiwa, asuransi umum, multifinance, dan BUMN. Adapun sejumlah kriteria yang menentukan para CEO masuk dalam jajaran Top 100 CEO 2022 versi Infobank ini, yaitu kinerja perusahaan yang dipimpin berdasarkan hasil rating sektoral dan predikat kinerja “sangat bagus” versi Infobank tahun 2022. Kemudian size dari perusahaan yang dipimpin CEO tersebut. Faktor pencapaian dan prestasi tertentu dari CEO terpilih juga turut menentukan gelar ini.

Kriteria lainnya adalah pengalaman, ketokohan, dan kontribusi CEO terpilih bagi industrinya. Dan yang terakhir tentunya pertimbangan Dewan Redaksi Infobank yang turut menjadi penentu. Figur-figur CEO terpilih ini diklasifikasikan kembali hingga menghasilkan 19 CEO terbaik yang terdiri dari 10 CEO of the Year 2022 dari lima kelompok usaha tadi, dan 9 Bankers of the Year 2022 khusus untuk kelompok Bankir.

Sementara untuk Top 200 Next Leaders 2022 adalah kumpulan leader yang saat ini bertugas sebagai Direksi di perusahaanya masing-masing dan juga Senior Executive Vice President (SEVP) di bank milik negara. Kelompok perusahaan yang dilibatkan dalam laporan ini adalah perbankan, asuransi jiwa, asuransi umum, multifinance, dan BUMN. Sama halnya dengan Top 100 CEO, laporan The Next Top 200 Leaders ini pun juga didasari oleh beberapa kriteria.

Kriteria pertama yang paling mendasar yakni berusia di bawah 50 tahun sebagai tanda sektor keuangan dan BUMN Indonesia memiliki benih-benih pemimpin muda. Leader-leader terpilih ini juga merupakan Direksi dan SEVP aktif di perusahaannya masing-masing. Selain itu, leader-leader pilihan Infobank ini adalah yang terbaik karena telah dinilai berkontribusi bagi perusahaan dalam berkinerja baik sesuai rating Infobank, berpengalaman, berprestasi, dan tentunya juga merupakan hasil pertimbangan Dewan Redaksi Infobank.

“Di samping seluruh tantangan yang ada, sosok-sosok pemimpin handal, inovatif, berdedikasi, dan berdaya juang tinggi adalah faktor penting lain yang menjadi pilar penopang ketahanan usaha dalam menghadapi masa yang diwarnai ketidakpastian saat ini,” ujar Ketua Dewan Redaksi Infobank, Eko B. Supriyanto, saat memberikan kata sambutannya.

Elmamber Petamu Sinaga sendiri tercatat telah menjabat sebagai Direktur Utama Bank Mandiri Taspen sejak Januari 2021. Elmamber adalah bankir jebolan Bank Mandiri yang pernah menjabat sejumlah posisi strategis di bank berlogo pita emas tersebut. Kepemimpinan alumni Universitas Sumatera Utara (USU) dan Gadjah Mada (UGM) itu terbukti berhasil mengangkat kinerja Bank Mantap pada paruh pertama 2022.

Di samping Elmamber, Direktur Keuangan, Risiko, dan Operasi Bank Mantap, Atta Alva Wanggai juga menerima pengakuan sebagai Top 200 Next Leaders 2022.

Penulis: Steven Widjaja

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.

More in Perbankan

Most Popular

Finance