Connect with us

Ciamik! PLN Insurance Boyong Penghargaan 23rd Infobank Insurance Awards 2022

Insurance

Ciamik! PLN Insurance Boyong Penghargaan 23rd Infobank Insurance Awards 2022

Jakarta – PT Asuransi Perisai Listrik Nasional (PLN Insurance) sukses memboyong penghargaan 23rd Infobank Insurance Awards 2022, pada Kamis, 28 Juli 2022, di Hotel Indonesia Kempinski Jakarta.

Ciamiknya, penghargaan Infobank Insurance Awards kali ini adalah penghargaan tahun kelima yang diraih PLN Insurance. Perusahaan yang dipimpin oleh Moch. Hirmas Fuady ini telah konsisten menunjukkan kinerja apik selama lima tahun beruntun.

Biro Riset Infobank (birI) mencatat bahwa PLN Insurance telah membukukan pertumbuhan pendapatan premi bruto sebesar 28,04% secara tahunan, menjadi Rp500,57 miliar di 2021. Sementara itu, pertumbuhan total asetnya tercatat sebesar 28,22% secara tahunan, menjadi Rp1,54 triliun.

Perusahaan asuransi yang kepemilikan 79,82% sahamnya dimiliki oleh Dana Pensiun PT PLN ini juga mampu menjaga kesehatan keuangannya, dengan risk based capital (RBC) yang berada di posisi 208,00% dan rasio likuiditas 155,00%.

Sebagai informasi, terdapat 57 perusahaan asuransi yang berhasil meraih 23rd Infobank Insurance Awards 2022, dengan rincian 42 perusahaan asuransi umum dan 15 perusahaan asuransi jiwa.

Infobank Insurance Awards 2022 didasarkan pada Rating 110 Perusahaan Asuransi versi Infobank Tahun 2022, yang penilaiannya mengacu pada analisa laporan keuangan perusahaan asuransi sepanjang 2021.

Penilaian kinerja perusahaan asuransi yang dilakukan oleh Biro Riset Infobank (BiRI) tersebut terdiri dalam 5 tahapan besar dalam menentukan predikat “Sangat Bagus”. Tahapan tersebut meliputi penentuan formula rating berdasarkan perkembangan industri asuransi, pencarian sumber data, pemberian skor/nilai dari hasil pengolahan angka-angka dari berbagai rasio pertumbuhan, dan pemberian predikat.

Kemudian, Biro Riset Infobank mengelompokkan perusahaan asuransi berdasarkan pendekatan premi bruto. Pengelompokan perusahaan asuransi yang satu dengan yang lainnya menggunakan standar deviasi sehingga diperoleh pengelompokkan yang adil melalui pendekatan pemerataan.

Penulis: Steven Widjaja

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.

More in Insurance

Most Popular