Connect with us

BPR Karangmalang Boyong Infobank Top BUMD 2022

Perbankan

BPR Karangmalang Boyong Infobank Top BUMD 2022

Jakarta – PT BPR BKK Karangmalang Kabupaten Sragen (BPR Karangmalang) sukses membawa pulang piagam Infobank Top BUMD 2022, pada Kamis, 19 Mei 2022, bertempat di Hotel Alila Solo. Raihan piagam Infobank Top BUMD 2022 oleh BPR Karangmalang ini didasarkan pada Rating BUMD Keuangan 2022 yang dilakukan oleh Biro Riset Infobank (birI).

Infobank Top BUMD 2022 sendiri adalah ajang yang mendasarkan penilaiannya pada Rating BUMD Keuangan Infobank 2022 dari Biro Riset Infobank (birI). Rating BUMD Keuangan Infobank 2022 mencakup penilaian terhadap bank pembangunan daerah (BPD), bank perkreditan rakyat (BPR), dan bank pembiayaan rakyat syariah (BPRS).

Terdapat 20 BPD, 5 BPRS, dan 50 BPR, yang meraih predikat “The Best” pada Rating BUMD Keuangan Infobank 2022. Secara penilaian, rating BUMD Keuangan ini berbeda dengan rating bank dan BPR yang biasa dibuat Infobank setiap tahun. Pembeda utamanya terletak pada bahan baku rating, atau laporan keuangan masing-masing bank.

Jika rating bank dan BPR menggunakan data hingga Desember tahun terakhir, maka pada rating BUMD Keuangan, laporan keuangan yang digunakan adalah laporan keuangan per September atau triwulan ketiga tahun terakhir. Rating BUMD Keuangan yang meliputi penilaian terhadap BPD, BPR, dan BPRS milik pemda ini, menerapkan lima tahapan dalam menentukan pemenang kategori.

Kelima tahapan besar itu, yakni menentukan formula rating berdasarkan perkembangan industri dan kebijakan regulator, mengumpulkan data berdasarkan periode kinerja September 2020 hingga September 2021, mengolah angka-angka dengan berbagai rasio, mengelompokkan bank-bank sesuai besaran aset, dan pemberian notasi akhir untuk pemberian predikat. Pemberian notasi hanya untuk memudahkan pembaca. Karena bagi Biro Riset Infobank (birI), yang utama adalah predikat, dan bukan nomor urut.

Untuk BPR Karangmalang, Biro Riset Infobank mencatat pertumbuhan total asetnya yang sebesar 5,15% secara tahunan menjadi Rp758,11 miliar per September 2021. Modal intinya juga tercatat naik sebesar 4,83% secara tahunan menjadi Rp88,29 miliar. Lalu, masih ada pertumbuhan kredit yang disalurkan sebesar 9,19% dan laba tahun berjalan sebesar 12,50%. Dengan pertumbuhan itu semua, BPR Karangmalang mendapatkan total skor 88,48 di rating tersebut.

Kinerja BPR Karangmalang yang dipimpin oleh H. Raji selaku direktur utama, terus bertumbuh positif hingga akhir 2021. Secara total, sepanjang 2021, BPR Karangmalang mengumpulkan laba sebesar Rp 25.602 juta, peningkatan aset sebesar Rp 786.192 juta dari Rp 736.726 juta di 2020, serta pertumbuhan penyaluran kredit dan pembiayaan yang sebesar 51,48%.

BPR Karangmalang juga mendapatkan skor good corporate governance (GCG) yang baik, yakni 1,80 pada tahun 2021 lalu. “Kami akan tingkatkan seluruh layanan BPR ini agar terus dapat meningkatkan para pelaku UMKM menjadi pengusaha tangguh, dan terbebas dari jaringan para rentenir yang terus menghisap para pelaku usaha,” ucap Direktur Umum dan Kepatuhan BPR Karangmalang Suparno, beberapa waktu lalu.

 

Penulis: Steven Widjaja

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.

More in Perbankan

Most Popular

To Top