Connect with us

Bank Sumsel Babel Raih 5 Penghargaan Infobank Banking Service Excellence Award 2022

Perbankan

Bank Sumsel Babel Raih 5 Penghargaan Infobank Banking Service Excellence Award 2022

Jakarta – Trust atau kepercayaan merupakan aspek penting bagi bisnis perbankan. Untuk memupuk kepercayaan, di antaranya bank harus memiliki tata kelola yang baik atau good corporate governance (GCG) dan pelayanan yang mumpuni.

 

Terkait pelayanan, PT Bank Pembangunan Daerah Sumatera Selatan dan Bangka Belitung (Bank Sumsel Babel) sukses memboyong lima penghargaan dalam ajang 19th Infobank Banking Service Excellence Award 2022. Adapun penghargaan yang diraih yaitu, peringkat pertama walk in channel, peringkat pertama customer service, peringkat pertama teller, peringkat pertama internet banking, dan Bank Sumsel Babel juga dianugerahi sebagai “Best Overall Performance” di kategori bank pembangunan daerah (BPD). Penghargaan ini sekaligus membuktikan Bank Sumsel Babel sebagai bank dengan layanan prima khususnya di antara BPD.

Direktur Operasional Bank Sumsel Babel Oktiandi mengatakan Bank Sumsel Babel memiliki misi menjadi “bank Kebanggaan Masyarakat Sumatera Selatan dan Bangka Belitung”. Keberhasilan dalam mewujudkan misi menjadikan bank kebanggaan itu diukur dari sisi layanan.

“Ini memang menjadi parameter kita untuk membuktikan layanan terbaik kepada masyarakat terutama nasabah. Semoga hasil ini terus memotivasi kami untuk selalu meningkatkan kualitas layanan, khususnya di e-channel yang kian berkembang. Tentu masih ada beberapa aspek dari kami yang kurang, ini akan kami catat dan kami perbaiki agar pelayanan kepada masyarakat lebih meningkat,” ujar Oktiandi saat menerima penghargaan di The Ritz Carlton Mega Kuningan, Jakarta, 30 Juni 2022.

Dalam upaya meningkatkan pelayanan kepada nasabah, jelang akhir April lalu, Bank Sumsel Babel merilis fitur baru untuk layanan mobile banking, yaitu customer on boarding (COB). Layanan ini memudahkan nasabah dalam melakukan regristrasi dan pembukaan rekening karena dapat langsung dilakukan melalui smartphone.

Lebih jauh, untuk lebih mengoptimalkan interoperabilitas layanan, Bank Sumsel Babel juga akan mengimplementasikan virtual account system yang dapat memudahkan mekanisme pembayaran baik billing system yang dikelola oleh Bank Sumsel Babel maupun billing system yang dikelola oleh pihak eksternal, karena dengan virtual account pembayaran dapat dilakukan pada kanal seluruh perusahaan jasa sistem pembayaran baik perbankan maupun nonperbankan.

“Beranjak ke 2022, Bank Sumsel Babel punya strategi untuk terus meningkatkan kualitas layanan digital. Saat ini sudah dalam tahap finalisasi yaitu customer in boarding, virtual account, dan open API. Itu semua insya Allah di 2022 akan terealisasi,” ungkapnya.

Bank Sumsel Babel juga mencatat terjadinya kenaikan transaksi nasabah melalui channel digital. Misalnya, peningkatan transaksi mobile banking sebesar 85,14 %, diikuti dengan peningkatan yang sangat signifikan pada transaksi QRIS via mobile banking , yang di 2020 tercatat baru 3.613 transaksi menjadi 278.157 transaksi di 2021.

Keberhasilan Bank Sumsel Babel dalam membangun layanan terbaik bagi nasabah berdampak terhadap kinerja bisnisnya yang cemerlang.

Maret 2022, Bank Sumsel Babel mencatatkan perolehan laba bersih Rp152,36 miliar atau meningkat 32,67% year on year (yoy). Perolehan laba ini ditooang oleh fungsi intermediasi bank yang berjalan dengan baik.

Dari sisi penyaluran kredit, hingga Maret 2022 bank ini menyalurkan Rp17,38 triliun, naik 7,33% (yoy). Kreditnya tumbuh lebih tinggi dibandingkan industri perbankan yang sebesar 6,67% di periode yang sama.

Sementara dari sisi penghimpunan dana, Bank Sumsel Babel sukses menyimpan dana pihak ketiga (DPK) Rp28,47 triliun atau naik 15,90% dari Rp24,56 triliun di Maret 2021. (*)

 

Penulis: Dicky F. Maulana

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.

More in Perbankan

Most Popular

To Top