Connect with us

Agar Puasa tak Mudah Lemas

(Foto: Istimewa)

Lifestyle

Agar Puasa tak Mudah Lemas

THE ASIAN POST, JAKARTA ― Mulai Senin (6/5), umat Islam Indonesia menjalankan ibadah puasa Ramadan.

Berubahnya pola makan dan minum, jika tidak disiasati dapat membuat tubuh lemas. Cara sahur yang salah dapat membuat tumbuh kurang bergairah.

Lalu seperti apa cara sehat sahur yang benar agar tak membuat tubuh lemas saat berpuasa? Ini tips sederhana yang bisa dilakukan.

Pertama, makanlah dengan porsi sewajarnya saat sahur. Makan berlebihan ketika sahur justru membuat tubuh tak berenergi saat puasa. Hal ini justru membuat kalian jadi mudah ngantuk karena banyak makan.

Kedua, cobalah kamu konsumsi makanan dengan karbohidrat kompleks. Ini karena makanan dengan karbohidrat kompleks akan lama dicerna oleh usus jadi bisa menyimpan banyak energi cadangan dalam tubuh. Perbanyak juga protein agar tubuh tak mudah lemas saat siang hari. Sebaiknya kalian hindari makanan berlemak dan pedas.

Ketiga, saat sahur, biasakan untuk makan dengan santai. Makan dengan cepat ternyata bisa menyebabkan kadar gula dalam darah terganggu dan perut pun cepat kosong dan mudah lapar.

Keempat, perbanyak air putih saat sahur dan berbuka juga sangat penting. Perbanyak juga makan sayur-sayuran dan buah-buahan yang berserat tinggi.Tujuannya, agar terhindar dari konstipasi atau sembelit selama berpuasa.

Usahakan juga jangan tidur setelah salat subuh karena makanan yang kita makan pada saat sahur terbuang sia-sia.  []

Continue Reading
Advertisement
You may also like...
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.

More in Lifestyle

Most Popular