Upaya Transformasi Berbuah Manis, BSI Diganjar 17 Penghargaan di Infobank-Isentia Digital Brand Awards 2025

Jakarta— PT. Bank Syariah Indonesia Tbk atau BSI memborong 17 penghargaan sekaligus di kategori Sharia Conventional Bank dengan aset di bawah Rp200 triliun dalam di ajang “14th Infobank-Isentia Digital Brand Awards 2025” di Shangri-La Hotel, Jakarta, Kamis, 20 Maret 2025.

Jika diurai sejumlah penghargaan yang diperoleh BSI yaitu The Highest Digital Index In Sharia Bank, The Highest Digital Index In Savings Account Sharia Bank, The Highest Digital Index In Deposit Sharia Bank, The Highest Digital Index In Mortgage Loan Sharia Bank.

Kemudian, The Highest Digital Index In Debit Card Sharia Bank, The Highest Digital Index In Internet Banking Sharia Bank Best, The Highest Digital Index In Mobile Banking Sharia Bank, The Best Sharia Bank – KBMI 3, The Best Savings Account Sharia Bank, The Best Deposit Sharia Bank, The Best Debit Card Sharia Bank.

Lalu, The Best Credit Card Sharia Bank, The Best Internet Banking Sharia Bank (BSI Net Banking), The Best Vehicle Loan Sharia Bank, The Best Mortgage Loan Sharia Bank, The Best Wealth Management Sharia Bank, The Best Mobile Banking Sharia Bank (BSI Mobile).

Sejatinya, BSI memang terus memperkuat penetrasi keuangan syariah lewat digitalisasi layanan perbankan yang efektif, efisien, dan dapat diadopsi oleh seluruh kalangan. Hal tersebut diwujudkan BSI melalui berbagai inisiatif digital, salah satunya adalah pengembangan aplikasi BSI Mobile Banking.

BSI bertekad menjadikan layanan perbankan syariah mudah diakses, ramah teknologi, dan bermanfaat bagi seluruh lapisan masyarakat. Karena itu, perseroan akan agile dan terus beradaptasi dengan teknologi layanan digital untuk memenuhi kebutuhan masyarakat secara lebih luas.

Peluang besar menggarap pangsa pasar di Indonesia yakni dukungan regulasi dari pemerintah, peningkatan jumlah customer based, serta pertumbuhan bisnis dari sektor UMKM dan Wealth Management.

Untuk menjawab tantangan tersebut, saat ini BSI terus membangun e-channel yang terintegrasi dengan baik. Di antaranya BSI Mobile, BSI QRIS, BSI EDC, BSI ATM, BSI CMS, dan BSI Agen. Hingga saat ini, shifting transaksi ke e-channel mencapai 97,94% dari total transaksi, sisanya masih menggunakan layanan transaksi teller di cabang.

Untuk memberikan kemudahan dan kenyamanan dalam bertransaksi secara digital, BSI Mobile hadir dalam genggaman dengan berbagai fitur menarik sebagai sahabat sosial, spiritual, finansial, dan gaya hidup. Aplikasi ini dilengkapi dengan layanan QRIS, fitur Islami seperti jadwal salat, ZISWAF, pembiayaan online, gadai dan cicil emas online, pembayaran e-commerce, dan top up e-wallet.

Pengembangan fitur di BSI Mobile berhasil menumbuhkan jumlah pengguna di mana pada kuartal III/2024 sebesar 28,34% (year on year/yoy), dengan total lebih dari 7,57 juta pengguna. BSI Mobile terus tumbuh karena memiliki keunikan sebagai sahabat sosial dan spiritual, dengan awareness salah satu instrumen utamanya yaitu ZISWAF.

Rencananya, BSI Mobile juga akan ndikembangkan menjadi superApps yang dapat dimanfaatkan masyarakat untuk penetrasi transaksi BSI via mobile sekaligus memperkuat kolaborasi dengan berbagai platform, termasuk e-wallet, e-commerce, crowdfunding, payment system aggregator, dan comparison platform.

Melalui kemitraan strategis ini, perseroan tampak berkomitmen untuk menciptakan ekosistem yang lebih terintegrasi dan inovatif, sehingga dapat memberikan kemudahan dan aksesibilitas yang lebih baik bagi masyarakat dalam memanfaatkan layanan keuangan syariah.

Perlu dikeahui, metodologi yang digunakan dalam riset ini menggunakan delapan tahapan yang berpusat pada channel media sosial dalam melakukan penilaian terhadap corporate brand dan product brand.

Kedelapan tahapan itu yakni, menentukan kategori, meriset brand dan kata kunci, memilih channel medsos, men-generate data dari medsos, menentukan sentimen, pengambilan data, menghitung indeks, dan menentukan hasil tiga teratas (top three).

“Sistem pemrosesan multibahasa yang digunakan Isentia mampu mengekstraksi data dan mengkategorikan sentimen dalam lima kategori: sangat positif, positif, netral, negatif, dan sangat negatif,” ujar Russ Horell, Chief Revenue Officer (CRO) Asia Pacific Isentia, saat memberikan pemaparan.

Data yang telah dikategorikan kemudian disimpan dalam Dashboard I-Social Isentia, yang kemudian dianalisis menggunakan algoritma Isentia untuk menghasilkan statistik, tren, indeks,dan laporan visual seperti grafik dan pemetaan dengan representasi warna yang berbeda-beda.

Menurut Chairman Infobank Media Group Eko B. Supriyanto, riset digital brand dilakukan untuk meningkatkan kesadaran terkait strategi branding baru yang perlu dilakukan di era digital. Saat ini, interaksi digital memiliki pengaruh besar terhadap persepsi konsumen.

“Reputasi online sebuah perusahaan bisa menjadi penentu kesuksesan maupun kegagalan. Media online memainkan peran penting sebagai sumber data yang sangat besar dan kuat. Media sosial juga dapat digunakan sebagai saluran layanan pelanggan yang interaktif,” ujar Eko B. Supriyanto, saat memberikan sambutan.

Acara “14th Infobank-Isentia Digital Brand Award 2025” didahului dengan Sharing From Visionary Leaders bertajuk “Business Vision in Global Divergences” dengan menghadirkan pembicara Ridha D.M. Wirakusumah, Ketua Dewan Direktur Indonesia Investment Authority. Selain memberikan penghargaan kepada 88 institsi, Infobank dan Isentia juga memberikan penghargaan “CEO in Digital Brand 2025” kepada 8 CEO”.

Acara yang bisa disaksikan secara live melalui InfobankTV Channel Youtube ini terselenggara berkat dukungan para sponsor antara lain, Livin by Mandiri, Kopra by Mandiri, PNM, Akulaku Finance, HSBC, Bank of China, KB Bank, BSI, WOM Finance, Bank Jatim, SMI, Jasa Raharja, Mandiri Utama Finance, AlloBank, BPJS Kesehatan, Asuransi Tugu, Bank Mayapada, Bank Jasa Jakarta, BTN, Askrindo, Bank Banten, Hanwa Life, IndonesiaRe, Nanabank Syariah, Bank DKI, Bank Jateng, Syailendra, Indonesia Eximbank, Zurich, Avrist, BTPN, Pertalife, Maybank, Adira Finance, Bank CIMB Niaga, Asuransi JMA Syariah, Bank Muamalat, MNC Bank, BCA Syariah, Bank Riau Kepri Syariah,dan Sucofindo. (*)

BSIBSI MaslahatBSI MobileHery GunardiInfobank Digital Brand Awards 2025
Comments (0)
Add Comment