Connect with us

Mengintip Peluang Asuransi dari Risiko Bencana

National

Mengintip Peluang Asuransi dari Risiko Bencana

THE ASIAN POST, JAKARTA – Indonesia menjadi salah satu negara rawan bencana alam. Negeri ini selalu dihadapkan pada risiko-risiko bencana alam seperti gempa bumi, letusan gunung berapi, banjir, maupun tsunami.

Pemerintah sendiri, sejatinya paham dan sadar betul bahwa bencana alam menjadi salah satu persoalan serius di Indonesia. Karena itu, pemerintah kini mulai serius mengembangkan asuransi bencana.

Strategi asuransi bencana, sebelumnya sudah dibicarakan pemerintah sejak 2017 lalu. Pemerintah telah berdiskusi dengan Bank Dunia, industri perasuransian dan juga para pakar. Asuransi itu diharapkan mampu menjadi tumpuan bagi negara saat sewaktu-waktu dilanda bencana alam.

Berkaitan dengan peran serta industri asuransi dalam memberi perlindungan terhadap risiko bencana alam di Indonesia, Infobank bekerja sama dengan Reasuransi Maipark menyelenggarakan Seminar Nasional; Peta Risiko Gempa Bumi dan Tsunami di Indonesia. Acara ini digelar di Hotel Grand Sahid, Jakarta, Kamis (14/2).

Seminar yang diikuti ratusan pelaku industri asuransi dari berbagai perusahaan ini, menghadirkan Syarif Burhannuddin, Direktorat Jenderal Bina Konstruksi Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR), Ahmad Fauzie Darwis, Presiden Direktur Reasuransi Maipark Indonesia, Erixon Hutapea, Direktur Teknik Sompo Insurance Indonesia, Rahmat Triyono, Kepala Pusat Gempa Bumi dan Tsunami Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG), dan Hamzah Latief, Pakar Gempa dan Tsunami Fakultas Ilmu dan Teknologi/Kebumian Institut Teknologi Bandung (ITB).

“Bencana gempa bumi menjadi begitu sangat mencekam bagi kita di beberapa waktu terakhir ini. Bencana alam bukan soal kerugian materi. Tapi merubah keadaan sosial. Atas dasar itulah kami membuat seminar ini. Dan seminar ini didekasikan untuk Indonesia yang lebih baik,” kata Eko B. Supriyanto, Pimpinan Redaksi Infobank.

More in National

Most Popular

To Top