Jakarta – Festival Seni Budaya Bakrie (VALSKRIE) 2024 kembali hadir dengan tema “Pusaka Nusantara”, mempersembahkan 14 tradisi pernikahan adat dari berbagai wilayah di Indonesia sebagai sorotan utama.
Acara yang digelar di Xi She Ting Hall, Tzu Chi Center, Pantai Indah Kapuk ini adalah kolaborasi antara Prodi Ilmu Komunikasi Universitas Bakrie dengan DAAI TV, serta merupakan luaran karya dari Mata Kuliah Komunikasi Lintas Budaya.
Menurut data BPS (2021), minat terhadap pernikahan adat tradisional di Indonesia cenderung meningkat dalam beberapa tahun terakhir.
Meskipun pernikahan bergaya modern, seperti pernikahan internasional, semakin populer, sejumlah survei menunjukkan bahwa banyak pasangan muda yang kembali memilih pernikahan tradisional karena nilai-nilai budaya yang terkandung di dalamnya.
Dalam konteks ini, VALSKRIE 2024 hadir untuk menghidupkan kembali dan memperkenalkan tradisi pernikahan adat kepada generasi muda agar bisa lebih memahami dan mengapresiasi keanekaragaman budaya Nusantara.
Festival ini menghadirkan rangkaian pertunjukan yang menampilkan prosesi pernikahan dari berbagai daerah di Indonesia, antara lain Adat Batak, Adat Bugis, Adat Yogyakarta, Adat Aceh, Adat Solo, Adat Samin, Adat Bali, Adat Lampung, Adat Palembang, Adat Padang, Adat Dayak, Adat Sunda, Adat Betawi, dan Adat Nduga.
“Lebih dari 200 mahasiswa dibawah bimbingan para dosen bekerja sama menggelar festival seni budaya sambil mengenalkan nilai-nilai luhur Nusantara kepada generasi muda. Kami ingin mahasiswa memahami budaya sebagai aset bangsa yang harus dijaga dan dilestarikan,” ujar Suharyanti, selaku Ketua Program Studi Ilmu Komunikasi Universitas Bakrie, dikutip Kamis (19/12).
Selain pertunjukan adat, Festival VALSKRIE 2024 juga menghadirkan sesi talkshow bertajuk Gen Z: Melestarikan Budaya di Tengah Arus Modernisasi. Sesi ini menghadirkan narasumber inspiratif Adek Risma Dedes – Dosen Ilmu Komunikasi Universitas Bakrie, Sapto Agus Irawan – Produser Eksekutif Dokumenter DAAI TV, dan Ida Widia – Dosen Sastra dan Budaya.
Talkshow ini akan mengupas tuntas bagaimana generasi muda, khususnya Gen Z, dapat menjadi agen pelestari budaya di tengah tantangan globalisasi dan modernisasi yang pesat.
Acara ini terselenggara berkat dukungan sponsor PT Berkah EO, PT Kiwoom
Sekuritas Indonesia, Nestle, Zainia Parfume, Oronamin C, BSM Rental (Film & Broadcast Equipment Rental). Serta dukungan media partner dari DAAI TV, KG Radio Network, Okezone, Good News From Indonesia, The Asian Post, KBR Media, Mading Event, Info Event, HMILKOM UBakrie, Info Pelajar, Teras Event,
Seputar.InfoID, dan Ikut Event.
Festival VALSKRIE 2024 mengajak masyarakat luas untuk hadir, belajar, dan menikmati kekayaan budaya Nusantara. Dari prosesi pernikahan adat hingga diskusi inspiratif tentang peran Gen Z, acara ini menawarkan pengalaman budaya yang mendalam dan penuh makna. Mari Bersama Rayakan Warisan Budaya Indonesia! SW