Totalitas Berinovasi, BRI Sabet Titanium Trophy Infobank di Ajang Infobank BSE Awards 2025

Jakarta— Prestasi prestisus kembali ditorehkan PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk atau BRI. Untuk kesekian kalinya, BRI didapuk sebagai salah satu bank dengan layanan terbaik dalam ajang “22nd Infobank – MRI Banking Service Excellence Awards 2025”.

Bahkan, BRI sukses meraih predikat Titanium Trophy, sebagai bukti keberhasilan Perseroan dalam memaksimalkan layanan, baik fisik maupun digital kepada nasabahnya.

Penghargaan tersebut didasarkan pada survei Bank Service Excellence Monitor (BSEM) yang dilakukan oleh Marketing Research Indonesia (MRI) berdasarkan analisis data dan berbagai metode penilaian kualitas pemberian layanan.

BRI merupakan salah satu bank yang dinilai memiliki kinerja terbaik dalam memberikan pelayanan kepada nasabah melalui berbagai channel layanan yang dimiliki.

Dalam ajang tersebut, BRI meraih penghargaan tertinggi dengan predikat Titanium Trophy sebagai The Best Conventional Bank in Service Excellence selama 15 tahun berturut-turut (2010–2024). Di saat yang sama, BRI juga menerima Golden Trophy sebagai The Best Conventional Bank in Excellence Digital Channel selama lima tahun berturut-turut (2020–2024).

Prestasi tersebut dilengkapi dengan pencapaian peringkat pertama dalam kategori Service Excellence – Digital Channel, Excellence E-Mail Service, dan Excellence Live Chat Service. Selain itu, BRI juga menempati posisi kedua dalam kategori Overall Service Excellence, Contact Center, Digital Branch, Chatbot, Call Center, dan Social Media.

Secara keseluruhan, BRI meraih 11 penghargaan yang mencerminkan konsistensi dalam menjaga mutu layanan di berbagai kanal. Pengakuan ini membuktikan komitmen perseroan yang terus memaksimalkan layanan kepada nasabah dengan dukungan solusi digital yang andal.

BRImo Makin Digemari

Pengguna platform digital terus bertumbuh. BRI dengan sigap dan berani memanfaatkan perubahan situasi ini dengan mentrasformasi semua kanal bisnisnya untuk mempermudah nasabah. Salah satunya yang terkenal ialah BRImo di mana aplikasi ini memberi kemudahan akses layanan finansial kapan saja dan di mana saja.

Jumlah pengguna aplikasi BRImo milik pun terus tumbuh pesat. Tercatat, hingga akhir Maret 2025, total pengguna BRImo mencapai 40,28 juta akun, meningkat 20,26 persen dibanding periode yang sama tahun lalu.

Pertumbuhan pengguna ini diikuti lonjakan transaksi keuangan melalui aplikasi tersebut. Sepanjang triwulan I/2025, jumlah transaksi finansial yang dilakukan lewat BRImo mencapai 1,2 miliar transaksi, atau tumbuh 25,5 persen secara tahunan (year-on-year/yoy). Sementara itu, volume transaksi mencapai Rp 1.599 triliun, meningkat signifikan sebesar 27,99 persen yoy.

BRI juga mengoptimalkan ekosistem pembayaran digitalnya melalui 4,3 juta merchant grids dan 344.000 mesin EDC yang beredar di perkotan hingga pelosok desa. Cara-cara yang lincah ini semakin memperluas akses transaksi nontunai bagi nasabahnya.

Selain itu, BRI juga memanfaatkan teknologi kecerdasan buatan (AI) dan analitik data untuk merancang solusi yang mendukung pemberdayaan UMKM, segmen vital bagi perekonomian Indonesia.

Agen BRILink Sangat Dibutuhkan

Aksesibilitas untuk menjangkau layanan perbankan menjadi masalah bagi orang-orang yang hidup di perdesaan dan kawasan pelosok.

BRI, sebagai agent of development terus berupaya mengatasi masalah ini dengan menghadirkan layanan yang relevan bagi mereka lewat kehadiran agen BRILink.

Sehingga, para masyarakat desa seperti pedagang, petani, nelayan, tukang bagunan, hingga ibu rumah tangga bisa merasakan hadirnya BUMN di tengah-tengah mereka.

Jumlah AgenBRILink pun meningkat setiap tahun. Pada Maret 2025, jumlahnya mencapai 1,2 juta agen, atau tumbuh sebesar 49,48 YoY dari sebelumnya 796.836 agen pada Maret 2024.

Maka tidak mengherankan jaringan AgenBRILink kini telah melayani lebih dari 67 ribu desa dan menjangkau lebih dari 88 persen wilayah Indonesia. AgenBRILink juga berhasil membukukan volume transaksi sebesar Rp423 triliun sepanjang triwulan I 2025.

Yang lebih penting lagi, keberadaan AgenBRILink tidak hanya memperluas jangkauan layanan BRI, tetapi juga menciptakan peluang usaha bagi masyarakat.

Selain memperoleh tambahan pendapatan, para agen juga menjadi agen perubahan yang memperkenalkan layanan keuangan kepada komunitas di sekitarnya.

AgenBRILink menawarkan berbagai layanan yang dirancang untuk mempermudah kebutuhan harian masyarakat mulai dari pembayaran tagihan listrik, air, BPJS, telepon, pembelian pulsa, hingga pembayaran cicilan.

Selain itu, tersedia pula layanan referral untuk pembukaan rekening tabungan dan pinjaman, layanan asuransi mikro, tarik tunai dari luar negeri, serta pembelian tiket perjalanan seperti bus, shuttle, dan kapal ferry.

Berangkat dari fundamental yang solid, adopsi digital yang terus berkembang, dan peran dari agen maupun mitra, BRI optimistis dapat melanjutkan pertumbuhan sehat dan berkelanjutan di masa mendatang. (*) Ranu Arasyki Lubis

agen brilinkBRIBrilinkBRImoBSE Awards 2025Hery GunardiInfobank-MRI BSE Awards 2025
Comments (0)
Add Comment