Bali – Beautiverse, ajang pameran produk kecantikan sekaligus kesehatan holistik (beauty and wellness) digelar untuk pertama kalinya di Bali pada 2 sampai 4 Mei 2025.
Ajang yang dibuka oleh Ketua Dekranasda Provinsi Bali sekaligus istri Gubernur Bali, Putri Suastini Koster ini mempertemukan lebih dari 60 merek produk kecantikan, praktisi kesehatan holistik (yoga, meditasi), hingga workshop yang membahas tren dan inovasi terkini dalam industri beauty dan wellness.
Mengangkat tema “Empowering Inner Beauty, Celebrating Outer Glow”, Beautiverse diharapkan dapat menjadi manifestasi tempat bertemunya peminat beauty and wellness untuk tahun-tahun berikutnya.
“Kami mengusung konsep pemberdayaan melalui industri beauty and wellness. Oleh karenanya, selain diikuti oleh brand produk kecantikan yang telah diketahui masyarakat, kami turut mengajak merek lokal, hingga praktisi di bidang wellness yang tumbuh dan berkembang di Bali,” ujar Operations Manager Alpha Seven Asia, sekaligus Project Manager Beautiverse, Hanna Ristya, dikutip Rabu, 7 Mei 2025.
Di sisi lain, CEO Alpha Seven Asia, Paulus Herry mengisahkan bagaimana pihaknya kemudian memutuskan untuk memilih The Meru Sanur sebagai tempat diselenggarakannya Beautiverse. Menurutnya, pemilihan tempat sangat penting. Mengingat, ini menjadi kali pertama event ini diadakan.
“Kawasan The Meru Sanur sebagai lokasi acara, sudah sangat sesuai dengan konsep kesehatan holistik atau wellness. Pengunjung bisa menikmati matahari pagi yang kami wujudkan dalam berbagai aktivitas seperti morning yoga dan morning run, hingga sunset breathwork,” ucap Paulus.
Selama tiga hari, pelaksanaan Beautiverse diselenggarakan di Bali Beach Convention Center, The Meru Sanur. Dukungan The Meru Sanur terhadap acara Beautiverse sejalan dengan komitmen kawasan The Sanur dalam memajukan pariwisata kesehatan dan kebugaran di Bali.
Sebagai resort luxury wellness yang berada di Kawasan Ekonomi Khusus Kesehatan pertama di Indonesia “The Sanur”, kolaborasi seperti ini adalah langkah nyata dalam membangun ekosistem health and wellness yang berkelanjutan.
“Inilah nilai yang kami junjung tinggi di The Meru Sanur, yang berlandaskan filosofi Tri Hita Karana: keharmonisan antara manusia, alam, dan spiritualitas, baik dalam program wellness, pelayanan untuk tamu dan aktivasi untuk karyawan serta komunitas lokal. Kami harap Bali terus berkembang sebagai destinasi wellness kelas dunia, dan menginspirasi daerah lain di Indonesia,” ungkap Ed Brea selaku General Manager The Meru Sanur dan Bali Beach Hotel, The Heritage Collection.
Sejumlah jenama menyelenggarakan pameran, kelas dan seminar kecantikan seputar kesehatan kulit, pentingnya penggunaan sunscreen atau tabir surya, hingga demo dan kompetisi makeup.
Sejumlah brand yang berpartisipasi di antaranya Paragon Group, Vaseline hingga Skintific. Sejumlah sesi bersama komunitas lokal turut digelar, seperti workshop detoksifikasi, pembuatan parfum, hingga pemasaran digital produk kecantikan dan talkshow interaktif bersama sejumlah influencer seperti Edho Zell, Jovi Adhiguna, Rachel Goddard, Arik Cahya Dewi, dan lainnya.
Di sisi wellness, acara ini telah menggelar seminar dan workshop mengenai prospek industri kesehatan holistik, yang diisi dengan sesi interaktif oleh praktisi wellness baik taraf lokal sampai nasional, di antaranya morning yoga bersama instruktur kenamaan yang juga aktor Tanah Air, Anjasmara.
Komunitas lokal yang turut digandeng Beautiverse selama tiga hari tersebut telah sukses menarik perhatian dan partisipasi masyarakat, di antaranya dengan menghadirkan aktivitas meditasi bersama instruktur dari Bali Usada, Hypnotherapy bersama praktisi dari Maja healing, serta face mapping bersama Ayurvedagram Bali.
“Kami sadar bahwa Bali memiliki potensi besar sebagai tujuan wisata minat khusus, terutama yang berkaitan dengan wellness. Dan ajang ini ingin mengenalkan lebih jauh serta memberdayakan semua komunitas dalam ekosistem ini,” tambah Hanna.
Uniknya, penyelenggaraan Beautiverse yang mungkin terdengar feminim ini juga menghadirkan zona lain yang dinamakan Bro Zone, diisi oleh berbagai produk kesehatan dan perawatan khusus pria.
Ditambah Zona Startup Kecantikan yang menampilkan inovasi dari pelaku Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah lokal, beragam makanan dan minuman sehat yang saat ini tengah digemari, serta hiburan dari artis dan musisi seperti Tika Pagraky hingga Idgitaf.
Bagi yang belum sempat hadir ke Beautiverse 2025, jangan khawatir karena ajang ini akan kembali diadakan pada tahun 2026 mendatang. SW