Jakarta— Infobank Media Group memberikan penghargaan kepada 39 bank di ajang “Infobank 21th Banking Service Excellence Awards (BSEA) 2024”.
Bekerja sama dengan Marketing Research Indonesia (MRI), perhelatan ini diselenggarakan di Kempinski Hotel Indonesia, Jakarta, pada Selasa, (2/6/2024).
Majalah Infobank dan Marketing Research Indonesia (MRI) menilai 39 tersebut telah membuktikan dapat memberikan layanan terbaiknya kepada nasabah.
Penilaian didasarkan pada hasil survei yang dilakukan MRI sejak akhir 2023 hingga Maret 2024.
Survei bertajuk “Bank Service Excellence Monitor (BSEM) 2024” itu untuk mengukur kualitas service atau layanan bank di mata nasabahnya, baik nasabah yang datang ke kantor cabang secara tatap muka, maupun nasabah yang memanfaatkan layanan digital banking.
“Secara garis besar, seluruh touch point yang memfasilitasi interaksi nasabah secara langsung dengan banknya diikutsertakan dalam aspek penilaian BSEM 2024 untuk memberikan padangan terhadap customer eksperience secara holistik, ujar Direktur Utama MRI Harry Puspito.
Ada dua kategori touch point perbankan yang diulas dalam survei BSEM 2024. Pertama, kantor cabang dan layanan prioritas dari bank umum sebagai touchpoint perbankan tradisional yang mengambil bobot sebesar 43%.
Kedua, touchpoint digital yang meliputi layanan electronic banking (phone banking, SMS banking, mobile banking, internet banking, dan aplikasi investasi), dan layanan pembukaan rekening online.
Didalamnya juga termasuk digital branch, ATM dan CRM, serta berbagai saluran layanan contact center, seperti call center, chatbot, social media, live chat, email, dan website perbankan yang bersama-sama mengambil bobot 57%.
Sementara itu, pengukuran customer experience nasabah dilakukan dengan menggunakan metode mystery shopping.
Dengan metode ini, MRI mengukur operational efficiency dan proses layanan yang berlangsung melalui pengalaman nasabah dengan mengirimkan sejumlah shopper yang bertindak sebagai pelanggan sesungguhnya.
Eko B. Supriyanto, Chairman Infobank Media Group mengatakan, pemberian penghargaan BSEA 2024 ini merupakan bentuk penghargaan kepada bank-bank yang berhasil melakukan peningkatan layanan dengan inovasi teknologi digital.
“Saat ini sedang heboh bobolnya server Pusat Data Nasional Sementara (PDNS). Untuk itu, semangat bank dalam memanfaatkan teknologi digital tetap harus dibarengi dengan peningkatan security system tanpa mengabaikan fokus pada customer centric, ujar Eko.
Acara pemberian penghargaan dibuka dengan Exclusive Lecture bertema MID Year Banking & Economic Outlook 2924 yang menghadirkan J. Soedradjad Djiwandono Anggota Dewan Pakar TKN Prabowo Subianto – Gibran Rakabuming Raka. Ia juga seorang Guru Besar Bidang Ekonomi Internasional Nanyang Technological University Singapura, dan Gubernur BI 1993 – 1998.
Acara BSEA 2014 ini terselenggara berkat dukungan para sponsor, antara lain BNI, BSI, Bank Sulutgo, Bank Commonwealth, Bank Jatim, Bank Kaltimtara, Bank BJB, Bank DKI, Bank DBS, BCA, Bank Mayapada, Bank Sumsel Babel, BTN Syariah, Bank Mandiri, Bank Muamalat, Bank Nagari, Bank Jateng, BCA Syariah, Bank CIMB Niaga, Bank BJB Syariah, dan BCA Digital.
Berikut daftar 39 bank peraih penghargaan Infobank BSEA 2024.
Bank Konvensional:
- BNI
- BCA
- Bank Mandiri
- BRI
- BTN
- BJB
- Bank CIMB Niaga
- Bank Danamon
- Bank Permata
- Bank Mayapada
- Bank Sinarmas
- Bank KB Bukopin
- Bank UOB Indonesia
- Bank Commenwealth
Bank Syariah:
- BSI
- Bank Muamalat
- BCA Syariah
- BJB Syariah
- Bank Mega Syariah
Unit Usaha Syariah:
- BTN Syariah
- Bank CIMB Niaga Syariah
- Bank Danamon Syariah
- Permata Bank Syariah
BPD:
- Bank Sulutgo
- Bank Jatim
- Bank Kaltimtara
- Bank DKI
- Bank Sumselbabel
- Bank Nagari
- Bank Jateng
- Bank Kalsel
- Bank Sulselbar
- Bank Sumut
Bank Digital:
- Bank Digital BCA
- Bank NEO Commerce
- Seabank Indonesia
Bank dengan Layanan Digital
- Digibank (DBS)
- TMRW (Bank UOB Indonesia)
- LINE Bank (Bank KEB Hana Indonesia).