Siap-siap, Gaikindo Bakal Gelar Pameran Kendaraan Komersial di Februari Ini

Jakarta— Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo) dalam waktu dekat akan menggelar pameran otomotif Indonesia International Commercial Vehicle Expo (GIICOMVEC).

Pameran otomotif ini menggandeng Seven Event yang dilangsungkan pada 7 – 10 Maret 2024, di Jakarta Convention Center (JCC), Senayan.

Co Chairman III Gaikindo sekaligus ketua panitia GIICOMVEC 2024 Rizwan Alamsjah Andy Wismarsyah mengatakan, GIICOMVEC 2024 secara khusus menyasar market di segmen Business to Business (B2B), yakni pelaku industri seperti tambang, manufaktur, consumer goods, perusahaan transportasi untuk mengakomodasi bisnis mereka.

Tak hanya kendaraan saja, pameran kali ini akan lebih banyak melibatkan produk turunannya, mulai dari suku cadang ataupun aftermarket yang mengedepankan produk dan inovasi terbaru.

“Jadi pameran ini betul-betul dibikin B2B tapi kita juga siapkan networknya yang bermacam-macam, bisa karoserinya sparepart-nya, dan bahkan sekarang asosiasinya kita undang juga Sekaran,” kata Rizwan kepada Asianpost, Selasa (30/1/2024).

Dengan demikian masyarakat dapat mengetahui berbagai tren inovasi teknologi pada industri komersial terkini dan perkembangannya di Indonesia. Sejumlah kendaraan komersial dari berbagai merk ternama, mulai dari Toyota, Isuzu, Honda, Mitsubishi, Mercedes benz, Daimler, Scania, BMW, Wuling, Daihatsu, dan Vicot dan IGT.

“Jadi kita menginginkan produsen yang jualan truk langsung engage dengan perusahaan-perusahaan PO bis, atau angkutan logistik. Oleh sebab itu kita memanggil asosiasi-asosiasi pemakai kendaraan komersial seperti Organda, Astrindo, IPOMI, dan asosiasi logistic,” terangnya.

Rizwan mengaku tidak menentukan target penjualan dalam acara tersebut. Namun ia optimistis dapat menjual lebih dari penjualan sebelumnya, di atas 800 unit kendaraan.

Terlebih demand untuk kendaraan komersial domestic masih cukup tinggi, kendati dalam satu tahun terakhir terjadi penurunan lantaran adanya kenaikan suku bunga.

“Karena pertumbuhan ekonomi masih naik kita optimis, nggak ada masalah. Dulu waktu 2020 bagus-bagus saja penjualan. Terakhir penjualan 809 unit dalam empat hari,” jelasnya.

Sementara Ketua Umum Gaikindo Yohanes Nangoi mengatakan tujuan dari diselenggarakannya acara ini adalah untuk membuat engagement antara peserta pameran dan pengunjung yang datang, bukan sekadar transaksi di satu waktu. Maka dari itu Gaikindo tidak akan mengenakan tiket masuk untuk tiket masuk dan memberikan fasilitas penginapan bagi pengunjung.

Nangoi menyebut, perhelatan akbar ini menjadi platform untuk networking, kolaborasi dan pertukaran edukasi dalam industri kendaraan komersial. Dalam pameran GIICOMVEC nantinya para peserta dapat berinteraksi secara langsung dengan potential buyers.

Pada pameran ini juga akan mempersiapkan berbagai program yang dapat dimanfaatkan untuk menjalin hubungan bisnis sehingga dapat menciptakan potensi kerja sama di masa depan. (*) RAL

gaikindoYohanes Nangoi
Comments (0)
Add Comment