Bandung — PT Pos Indonesia (Posindo) berhasil melakukan transformasi menjadi perusahaan logistik yang mampu membantu UMKM dalam mendistribusikan produk-produknya hingga seluruh pelosok Indonesia dan bahkan dunia.
“Setelah melakukan transformasi besar-besaran, Pos Indonesia sekarang tak hanya mengurus perangko, tapi juga membantu UMKM mengirimkan produk-produknya ke seluruh Indonesia dan dunia,” ujar Lily Sellano, Senior VP Retail Business Pos Indonesia, di Bandung, Jumat (4/7).
Lily Sellano menyampaikan hal itu di acara Literasi dan Edukasi Keuangan yang digelar oleh Pemkot Bandung dan Infobank Media Group kepada 400 wanita pelaku usaha ultramikro di Gedung Serbaguna Balaikota Bandung.
Acara literasi dan edukasi bertema “Peran Wanita Mandiri Bagi Perekonomian Negeri” itu dipandu secara apik oleh Rita Mirasari, Direktur Bank Danamon.
Selain Lily Sellano, hadir sebagai narasumber antara lain Azizatun Azhimah, Direktur Keuangan dan Manajemen Risiko Airnav Indonesia; Alia Nur Fitri, Direktur Keuangan dan Investasi Jamkrindo; dan Dewi Nuzulianti, Direktur Bank BTPN Syariah.
Menurut Lily Sellano, peran sebagai agen pendistribusi produk-produk hasil UMKM menjadi penting karena tanpa peran distributor produk bagus pun tak bisa disalurkan ke seluruh wilayah Indonesia, apalagi dunia.
Pada kesempatan tersebut, Lily Sellano mengajak peserta literasi dan edukasi sebanyak 400 wanita pelaku UMKM di Bandung untuk bergabung menjadi mitra agen Posindo dalam usahanya menyalurkan produk-produk UMKM.
“Ini program kemitraan Pos Indonesia. Ibu-ibu bisa menjadi agen pos Indonesia. Ibu-ibu bisa menjadi sahabat dan mitra kami untuk mengembangkan usaha,” ajak Lily Sellano.
Ibu-ibu pelaku UMKM, kata Lily, sangat terbuka untuk menjadi mitra Posindo. Apalagi, selama ini 60% mitra agen Posindo adalah perempuan.
“Untuk menjadi mitra agen, ibu-ibu tinggal scan barkot Daftar Jadi Mitra. Lumayan lho ibu-ibu, sharing fee-nya 10% hingga 22%,” tutup Lily Sellano. DW