Sektor Pariwisata Batam Menggeliat, Pengembang Ini Hadirkan Mall Konsep Baru

Batam – Daya pikat Kota Batam bagi investor terus meningkat. Ekonomi kota ini sedang dalam tren menanjak. BP Batam mencatat, realisasi investasi PMA dan PMDN ke wilayah ini mencapai 33,72 triliun, atau tumbuh 64,94 persen secara tahunan.

Angka itu juga setara 56,2 persen dari total target tahun ini sebesar Rp60 triliun. Batam tidak hanya menarik sebagai kawasan industri, tapi juga sektor pariwisata yang tumbuh pesat. Lokasinya yang berdekatan dengan Singapura menjadi salah satu keunggulan.

“Sekitar 50% wisatawan asing yang datang ke Batam berasal dari Singapura, sehingga memberikan potensi belanja tinggi dengan trafik di tiap akhir pekan yang konsisten. Peran Batam sebagai lokomotif kawasan semakin jelas jika melihat pertumbuhan ekonomi Kepri yang mencapai 5,02% di tahun lalu,” kata Direktur PT Citra Buana Prakarsa, Jimmi Ho, dalam keterangan resmi Jumat, 12 September 2025.

Potensi besar Kota Batam itu pula yang mendasari pengembang PT Citra Buana Prakarsa menghadirkan KSquare Mall dengan wajah dan konsep baru. Mal yang dulu Bernama Kepri Mall dan berlokasi di jantung Kota Batam sudah menyelesaikan renovasi seluruh area dan fasilitas.

Dengan luas area atau NLA k30.000 dan terdiri dari 130 unit toko, KSquare digagas sebagai tempat nongkrong, meeting, maupun menghabiskan waktu bersama keluarga.

Adapun tenant yang sudah bergabung diantaranya Champ Group yang merupakan first time store di Batam, dengan nama-nama besar seperti Croco, Bakso Malang Karapitan, Raa Cha, Gokana, Platinum. Ada pula KidZilla, Cinepolis, GOGO Supermarket, dan Funworld sebagai anchor tenant.

MAP Group juga memboyong brand-brand mereka ke Ksquare, seperti Starbucks, Adidas, Crocs, Skechers, New Era, New Balance, Sport Station hingga Payless. Sedangkan untuk brand kecantikan dan luxury, ada The Palace.

Dalam Tenant Gathering 2025 yang digelar hari ini, Jimmi mengatakan, KSquare bukan sekadar tempat belanja melainkan ruang yang dapat memberikan banyak pengalaman.

“Kami merancang beberapa zonasi menarik di dalamnya, seperti family atrium serbaguna, youth & creative lane, wellness promenade, dan play-scape untuk anak, yang mana semuanya dipadu immersive content dan acara tematik tiap pekan,” ujarnya.

Tenant gathering kali ini mengundang para calon penyewa dan pebisnis retail nasional maupun local. Pertemuan yang diadakan turut bertujuan untuk membuka peluang kurasi tenant lintas kategori (fashion, F&B, kids & edutainment, home-living, wellness, entertainment, hingga tech & lifestyle services) yang siap menghidupkan pengalaman belanja imersif bagi keluarga modern, profesional, dan wisatawan lintas negara.

Kurasi Tenant Berbasis Data dan Analisis
Dalam melakukan kurasi terhadap calon tenant, KSquare berbasis data atraksi kreatif berkelanjutan, dan sistem perizinan yang kian ringkas, lewat platform komprehensif untuk mempercepat ekspansi brand sekaligus mengoptimalkan konversi penjualan.

Jimmi menegaskan, KSquare penting bagi brand atau tenant. Alasannya, Batam penuh dengan arus wisan dari Singapura dan Malaysia, serta para komuter regional yang memicu lonjakan kunjungan, terutama di akhir pekan dan periode gajian secara konsisten.

“Di sinilah momen ideal untuk brand melakukan peluncuran produk terbaru, kolaborasi eksklusif, dan VIP experience,” imbuhnya.

Selain itu, pihak mal juga melakukan kurasi kategori berdasarkan analisis area penjualan dan strategi penjualan berbasis acara. Kategori ini tentunya dipadukan anchor entertainment guna menunjang potensial trafik pengunjung untuk K Square. AA

BatamKSquare Mallpariwisata Batam
Comments (0)
Add Comment