Sorotan:
- KB Bank dan KB Bank Syariah menyalurkan bantuan kemanusiaan lebih dari Rp140,80 juta untuk korban banjir di Sumatera.
- Kolaborasi KB Bank, PMI, dan mitra strategis mempercepat distribusi bantuan ke wilayah paling terdampak.
- Dukungan tambahan Rp50 juta disalurkan melalui Taspen guna memperluas jangkauan penerima manfaat.
Jakarta— PT Bank KB Indonesia (KB Bank) bersama KB Bank Syariah kembali menyalurkan bantuan kemanusiaan senilai lebih dari Rp140,80 juta kepada Palang Merah Indonesia (PMI) untuk mendukung penanganan bencana banjir yang melanda sejumlah wilayah di Sumatera.
Bantuan secara simbolis diserahkan di Kantor Pusat PMI, sebagai bentuk kehadiran aktif KB Bank dan KB Bank Syariah dalam meringankan beban masyarakat. Bantuan ini meliputi ribuan paket makanan, obat-obatan, sembako, air minum, perlengkapan bayi, dan kebutuhan esensial lainnya.
Direktur Utama KB Bank, Kunardy Darma Lie mengatakan, distribusi bantuan difokuskan pada wilayah yang paling membutuhkan guna memastikan kebutuhan dasar warga terpenuhi dengan cepat, mengurangi tekanan sosial dan ekonomi akibat bencana, serta mempercepat proses pemulihan keluarga terdampak.
Kunardy menegaskan pentingnya kolaborasi lintas lembaga pada situasi darurat.
“Banjir di Sumatera memberikan dampak yang luas bagi masyarakat. Dalam kondisi seperti ini, kolaborasi menjadi kunci untuk mempercepat pemulihan. Kami berharap bantuan ini dapat membantu memenuhi kebutuhan paling mendesak warga, sekaligus memberikan ruang bagi mereka untuk memulai kembali aktivitas kehidupan. KB Bank akan terus hadir memberikan kontribusi nyata bagi masyarakat, terutama dalam masa krisis seperti sekarang,” terangnya.
Sementara, Compliance & Risk Director KB Bank Syariah Ahmad Aidil menjelaskan, bantuan ini merupakan bagian dari panggilan kemanusiaan perusahaan.
“Bagi kami, solidaritas adalah nilai yang harus dipegang teguh. Bantuan ini kami hadirkan untuk mendukung percepatan pemulihan pascabencana dan memberikan dampak positif jangka panjang bagi warga di wilayah terdampak,” terang Agustinus.
Di waktu yang sama, Pengurus Pusat Bendahara Umum PMI, Suryani Motik, menyampaikan apresiasinya atas kontribusi, komitmen, serta respons cepat KB Bank dan KB Bank Syariah dalam mendukung penanganan banjir di Sumatera.
“Kolaborasi seperti ini sangat penting untuk memastikan bantuan dapat menjangkau masyarakat yang paling membutuhkan. Kami berharap sinergi ini dapat terus berlanjut, sehingga semakin banyak warga yang terbantu dan proses pemulihan dapat berjalan lebih cepat,” kata Suryani.
Perluas Jangkauan Bantuan
Tak hanya melalui PMI, KB Bank juga menyalurkan bantuan Rp50 juta untuk korban banjir Sumatera melalui Taspen dan mitra strategis lainnya. Hal ini untuk memperluas jangkauan bantuan dan memastikan dukungan dapat diterima oleh para penerima manfaat secara lebih cepat dan tepat.
Kolaborasi dengan kedua institusi tersebut memungkinkan KB Bank menjangkau kelompok masyarakat yang terdampak. Khususnya, para pensiunan dan keluarga anggota yang berada di wilayah bencana, sehingga dapat meringankan beban mereka dalam masa pemulihan.
Dengan semangat solidaritas dan tanggung jawab sosial, KB Bank berharap langkah ini dapat memberikan kontribusi nyata bagi percepatan penanganan dampak banjir di wilayah Sumatera.
Selain penyaluran bantuan, KB Bank juga melakukan pemantauan intensif pada unit layanan di wilayah terdampak. Kantor-kantor cabang terdekat yang tidak terdampak banjir tetap dioperasikan untuk memastikan layanan kepada masyarakat tetap berjalan tanpa hambatan.
Sehingga, aktivitas ekonomi lokal dapat terus berlangsung. Sebagai bagian dari komitmen kemanusiaan dan kolaborasi lintas lembaga, KB Bank meyakini bahwa percepatan pemulihan hanya dapat terwujud melalui kerja sama yang kuat. Karena pada akhirnya, kita bisa mengatasi tantangan ini karena kita melangkah dan bekerja bersama — Kita Bisa Karena Bersama. (*) Ranu Arasyki Lubis