Jakarta— PT Asuransi Umum BCA (BCAinsurance) berhasil meraih penghargaan di ajang Infobank Insurance Award 2023 dari Infobank Media Group yang diselenggarakan di Hotel Indonesia Kempinski Jakarta, Kamis, (27/7/2023).
Penghargaan yang diberikan itu didasarkan pada rating 118 perusahaan asuransi yang berkinerja terbaik untuk laporan keuangan terperiksa dan terpublikasi di periode 2021 dan 2022.
Tak tanggung-tanggung, BCAinsurance membawa pulang 3 penghargaan, yakni The Highest Score Life Insurance Company 2023 di kategori Gross Premium Rp1 triliun hingga kurang dari Rp5 triliun, The Best of the Best Life Insurance Company 2023, dan The Best Performance Life Insurance Company 2023 di kategori Gross Premium Rp1 triliun hingga kurang dari Rp5 triliun.
Capaian yang diraih BCAinsurance ini bukan tanpa alasan. Sebagai anak perusahaan dari Bank BCA, perusahaan sangat memperhatikan kenyamanan dan keamanan data masyarakat. Hal itulah yang membuat masyarakat menjadi setia menggunakan produknya. Sebagai contoh, baru di tahun lalu, BCAinsurance meluncurkan Personal Cyber Insurance atau asuransi siber pribadi.
Produk inovatif ini merupakan komitmen untuk memberikan perlindungan bagi masyarakat terhadap tindakan serangan siber maupun kejahatan siber. BCAinsurance merupakan asuransi pertama yang meluncurkan produk Personal Cyber Insurance di Indonesia.
Personal Cyber Insurance merupakan asuransi yang bermanfaat untuk memberikan perlindungan terhadap tindakan cyber crime. Serangan siber yang dimaksud mencakup beberapa hal, seperti transaksi pembayaran via internet, belanja online serta biaya administrasi pencurian identitas online. Tak hanya itu, BCA juga menanggung kerugian dan pengeluaran finansial yang diakibatkan langsung oleh serangan siber.
Berkat kekuatan dan keterampilan yang dimiliki pemimpin perusahaan, Hendro Hadinoto Wenan, kini BCAinsurance semakin dipercaya oleh masyarakat sebagai salah satu asuransi umum yang andal, aman. Kepercayaan itu membuat kinerja perusahaan semakin melesat di semester I/2023.
Penilaian kinerja perusahaan asuransi yang dilakukan oleh Biro Riset Infobank ini dilakukan dalam 5 tahapan besar untuk menentukan predikat “sangat bagus”.
Tahapan tersebut meliputi penentuan formula rating berdasarkan perkembangan industri asuransi, pencarian sumber data, pemberian skor/nilai dari hasil pengolahan angka-angka dari berbagai rasio pertumbuhan, dan pemberian predikat.
Biro Riset Infobank kemudian mengelompokkan perusahaan asuransi berdasarkan pendekatan premi bruto. Pengelompokan perusahaan asuransi yang satu dengan yang lainnya menggunakan standar deviasi, sehingga diperoleh pengelompokkan yang adil melalui pendekatan pemerataan.
Chairman Infobank Media Group, Eko B. Supriyanto mengungkapkan, di tengah banyaknya perusahaan asuransi yang bermasalah, masih banyak yang berhasil meencatatkan kinerja terbaiknya. Setidaknya, 50% dari 118 perusahaan asuransi berhasil meraih predikat kinerja “Sangat Bagus” atau predikat tertinggi dalam rating Infobank.
“Ada beberapa perusahaan asuransi yang bangkrut, seperti Jiwasraya, Wanartha Life, dan Kresna Life. Asuransi Bumiputera juga tengah berjuang untuk segar kembali. Bahkan, menurut OJK, ada 13 perusahaan asuransi yang tidak baik-baik saja,” ujar Eko B Supriyanto.
Menurut Eko, berdasarkan pengalaman, perusahaan asuransi yang menemui ajal lebih dikarenakan urusan moral hazard, meski secara produk juga sudah bermasalah sejak awal.
“Untuk, kami mengucapkan selamat dan sukses kepada para direksi dan komisaris dari 59 asuransi yang berhasil meraih penghargaan Infobank Insurance Award 2023,” sambungnya.
Capaian ini, lanjut Eko, menunjukkan keberhasilan pengelola dalam menjaga kepercayaan pemegang polis dengan memberikan layanan terbaik, menghadirkan produk-produk asuransi yang berkualitas, dan tetap menjaga integritas. (*) RAL