Jakarta— PT Bank Pembangunan Daerah Sulawesi Selatan dan Barat (Bank Sulselbar) berhasil meraih penghargaan “Satisfaction, Loyalty, & Engagement Awards 2023” yang diselenggarakan Majalah Infobank, Rabu (25/1/2023).
Penghargaan diberikan berdasarkan hasil survei yang dilakukan oleh Marketing Research Indonesia (MRI) bekerja sama dengan Infobank terhadap 1.437 responden. Mereka adalah nasabah bank yang tersebar di delapan kota besar, yakni Jakarta, Surabaya, Bandung, Semarang, Medan, Balikpapan/Samarinda, Makassar, dan Palembang.
Bank kebanggaan masyarakat Sulawesi ini secara keseluruhan menempati posisi pertama dengan meraih poin 65,91%. Tidak tanggung-tanggung, Bank Sulselbar membawa pulang tujuh nominasi penghargaan sekaligus dari beberapa indikator penilaian yang dilakukan oleh Marketing Research Indonesia (MRI).
Diketahui, Bank Sulselbar menempati peringkat pertama di kategori Loyalty index dan Marketing Engagement Index. Bank ini memeroleh peringkat kedua di kategori Satisfaction Index untuk Customer Service, dan Satisfaction Index untuk Mobile Banking. kemudian, Bank Sumselbar menduduki peringkat ketiga pada kategori, Satisfaction Index untuk Kantor Cabang, Satisfaction Index untuk ATM, Satisfaction Index untuk Satpam.
Pada kesempatan itu, Direktur Utama Bank Sulselbar Yulis Suandi menegaskan, capaian yang diperoleh ini memberikan motivasi agar pihaknya semakin konsisten mengedepankan pelayanan prima kepada nasabah.
“Bank Sulselbar mengucapkan terima kasih kepada Infobank dan MRI. Penghargaan ini memberikan motivasi bagi tim, bekerja keras memberi pelayanan yang lebih berkualitas ke depan agar semua masyarakat di Sulselbar dapat terpenuhi untuk dilakukan layanan kepadanya. Kami di Bank Sulselbar mau meraih mimpi menjadi bank terbaik di kawasan timur Indonesia,” ujarnya kepada Infobank usai menerima penghargaan.
Yulis berujar, pada tahun ini Bank Sulselbar akan meningkatkan layanan digital, salah satunya menjadi bank yang mendukung transaksi finansial teknologi (fintek) untuk memenuhi layanan transaksi digital para nasabah di e-commerce. Pada tahun lalu, Yulis mengaku telah bekerja sama dengan salah satu fintek di Sulawesi.
“Kerja sama dengan fintek dan e-commerce menjadi salah satu yang kami kembangkan karena untuk saat ini pasca pandemi hanya satu yang kami unggulkan yaitu kolaborasi. Kerja sama dengan berbagai pihak sehingga kita bisa perkuat untuk mendukung pelayanan prima kepada nasabah, meningkatkan perekonomian daerah, dan kepercayaan kepada pemerintah daerah setempat,” ungkapnya.
Selain itu, katanya, Bank Sulselbar juga telah mengembangkan layanan mobile banking berupa penambahan fitur QR Code Indonesian Standard (QRIS) yang terbukti banyak diapresiasi dan membantu nasabah dalam bertransaksi sehari-hari.
“Dulu kita tidak punya barcode, sekarang sudah ada barcode. Yang tadinya tidak ada CMS [Cash Management System] sekarang ada CMS. Kita mau membayar masuk warung tidak usah pakai uang tunai, langsung QRIS saja. Sudah banyak [penggunanya]. Kami kemarin termasuk bank yang mendapat penghargaan terbanyak juga,” sambungnya.
Selanjutnya, untuk meningkatkan layanan dan memperluas segmen market, pada tahun ini Yulis melakukan co-branding dengan bank Himbara, salah satunya Bank Mandiri untuk menerbitkan produk kartu kredit.
“Untuk saat ini masih menggandeng Bank Mandiri Jadi di kartunya itu ada dua logo, Bank Sulselbar dan Bank Mandiri, kerja sama yang saling menguntungkan,” pungkasnya. (*)
Writer: Ranu Arasyki