Jakarta— PT Bank Central Asia Tbk. (BCA) berhasil mengantongipenghargaan “Satisfaction, Loyalty, & Engagement Awards 2023” dari Majalah Infobank di ShangriLa Hotel Jakarta, Rabu, (25/1/ 2023).
Penghargaan ini merupakan hasil yang dilakukan oleh MRI bekerja sama dengan Infobank terhadap 1.437 responden. Mereka adalah nasabah bank yang tersebar di delapan kota besar, yakni Jakarta, Surabaya, Bandung, Semarang, Medan, Balikpapan/Samarinda, Makassar, dan Palembang.
Di segi satisfaction index, BCA menempati posisi terunggul di semua kategori, yakni Customer Service, Teller, Kantor Cabang, ATM, Mobile banking, dan Satpam. Selain di aspek kepuasan nasabah, BCA juga meraih penghargaan Engagement Index dengan menempati posisi kedua, disusul peringkat ketiga pada tingkat Loyalty Index. Tak hanya itu, BCA juga meraih penghargaan sebagai Corporate Reputation Awards 2023. BCA juga menjadi salah satu dari 10 bank yang berhak membawa pulang penghargaan sebagai perusahaan dengan reputasi terbaik.
Penghargaan ini diberikan berdasarkan hasil survei yang dilakukan oleh Marketing Research Indonesia (MRI) dan Majalah Infobank. Ada 10 bank yang berhasil mendapatkan penghargaan sebagai bank dengan reputasi perusahaan terbaik tahun 2023. Ke-10 bank tersebut adalah BCA, BRI, Bank Mandiri, Bank OCBC NISP, Bank Permata, Bank Panin, Bank Mega, Bank DKI, Bank Sumselbabel, dan Bankaltimtara.
Untuk diketahui, survei dilakukan pada rentang Oktober 2022-Desember 2022 dengan menggunakan metode kuantitatif melalui wawancara tatap muka. Pengambilan sampel dilakukan dengan metode intercept di area-area publik dan tempat keramaian karena ingin mendapatkan responden pengguna m-banking dari setiap sampel.
Acara pemberian penghargaan “SLE Awards 2023” dan “Corporate Reputation Awards 2023” diawali dengan acara “Starting Year Forum 2023” dengan tema “Bauran Kebijakan Bank Indonesia di Tengah Turbulensi Ekonomi Global” yang disampaikan oleh Gubernur Bank Indonesia Perry Warjiyo. (*)
Writer: Ranu Arasyki