Jakarta– Memasuki usianya yang ke-7 tahun, Badan Pengelola Keuangan Haji (BPKH) sukses menjadi badan penyelenggara haji yang akuntabel dan profesional dalam mengelola dana jutaan umat muslim.
Sejatinya, kredibilitas yang dibangun BPKH selama ini tidak lepas dari peranan Bank Syariah sebagai Bank Penerima Setoran Biaya Penyelenggaraan Ibadah Haji (BPS BPIH).
Sebagai bentuk apresiasi atas kolaborasi yang telah terjalin, di tahun ini BPKH kembali memberikan penghargaan kepada sederet bank syariah. Penghargaan itu dikemas dalam acara “Annual Meeting & Banking Award 2024” di Hotel Sheraton Gandaria City, Jakarta, pada 13 Desember 2024.
Perhelatan ini mengusung tema “Memberdayakan Pertumbuhan dan Inklusi dalam Ekosistem Keuangan Haji melalui Transformasi dan Inovasi Digital.”
Anggota Badan Pelaksana BPKH Harry Alexander mengatakan, penghargaan dari BPKH Banking Award 2024 ini diberikan kepada 30 mitra bank syariah. Mereka dinilai memiliki program dan kontribusi terbaik bagi keuangan haji yang berkelanjutan di tahun 2024.
Di kesempatan yang sama, BPKH juga memperkenalkan aplikasi BPKH atau BPKH Apps yang merupakan platform inovasi digital setoran awal haji dan fitur layanan Jemaah lainnya.
“Penghargaan ini diberikan kepada semua pemangku kepentingan yang bergerak dalam bidang keuangan syariah. Dan memperluas channel digital proses setoran haji agar memberikan peningkatan layanan bagi Jemaah haji,” ujar Harry, Jumat (13/12).
Harry menjabarkan, penghargaan ini diberikan kepada mitra BPKH yang bergerak di bidang keuangan syariah agar mendorong digitalisasi ekosistem haji, mempercepat adopsi teknologi digital di seluruh proses pengelolaan dana haji dan peningkatan layanan kepada Jemaah haji, menghadirkan inovasi layanan keuangan melalui seamless process setoran awal haji sehingga lebih mudah, lebih cepat dan lebih transparan serta aman.
“Kita berharap bank syariah terus melakukan Inovasi agar tetap relevan dalam memberikan pelayanan bagi calon Jemaah dan Jemaah haji” tambah Harry.
Lima Kategori
Setidaknya, ada lima kategori pada BPKH Banking Award 2024 diberikan kepada performa 30 Bank Syariah mitra BPKH yaitu. Pertama, BPS BPIH Penghimpun Pendaftar Haji Terbaik 2024.
Kedua, BPS BPIH Pendaftar Haji Muda Terbaik 2024. Ketiga, BPS BPIH Kontribusi Pertumbuhan Pendaftar Haji Terbaik 2024. Keempat, BPS BPIH Mitra Penempatan Terbaik 2024 dan Kelima, BPS BPIH Transformasi Digital Terbaik 2024.
Terakhir BPKH juga memberikan penghargaan berupa umrah kepada pejuang haji tenaga pemasar dan BPS BPIH Kepatuhan Pelaporan Terbaik.
Penilaian dilakukan secara independen oleh ahli yang terdiri dari Halim Alamsyah, Jatna Supriatna, Mulya Effendi Siregar, Unang Mulkan, Ronald Rulindo, dan Tika Arundina.
Harry menyebut, perhelatan ini bukan sekadar pemberian penghargaan, tapi juga sharing knowledge kepada seluruh mitra strategis. BPKH menilai, bank-bank tersebut telah memberikan bukti nyata dalam pelayanan dan kemitraan perhajian, serta pergerakan ekonomi syariah di Indonesia.
“Kita berharap mudah-mudahan ke depan Indonesia akan menjadi kiblat bisnis syariah di dunia. Kita harus bersiap untuk melaksanakan atau memberikan sesuatu yang terbaik dari bisnis syariah tersebut. Melalui implementasi program dan inovasi yang meningkatkan pelayanan dan keberlanjutan dana haji,” terangnya.
Penghargaan tahunan BPKH dihadiri oleh Direksi dan Dewan Komisaris, dan perwakilan dari 30 BPS-BPIH, Kementerian/Lembaga Pemerintah terkait. Lalu, Perwakilan Pimpinan Organisasi Masyarakat mitra BPKH seperti Muhammadiyah, Nahdlatul Ulama dan Asosiasi Haji Khusus serta KBIHU di Indonesia.
Annual Meeting 2024 menjadi puncak dari peringatan milad ke-7 BPKH. Sejak awal Desember 2024, BPKH telah menggelar rangkaian kegiatan seperti Hajj Expo BPKH 2024 yang menghadirkan booth bank syariah, travel haji dan umrah, hotel serta airlines Garuda Indonesia dan penampilan/performing dari masing-masing tenant dan hiburan Islami. (*)