Jakarta— Direktur Utama BPJS Kesehatan, Ali Ghufron Mukti meraih penghargaan “The Most Reputable CEO in Digital Space 2024” di ajang 13th Infobank – Isentia Digital Brand Awards 2024, yang diselenggarakan di Shangri La Hotel, Senin (1/4/2024).
Ghufron dinilai berhasil memimpin BPJS Kesehatan menjadi lembaga yang sukses dalam memberikan pelayanan publik berbasis digital dengan hasil memuaskan.
Ghufron mengatakan, penghargaan tersebut merupakan persembahan bagi masyarakat dan seluruh Duta BPJS Kesehatan yang telah berkontribusi mendukung penyelenggaraan JKN di Indonesia.
“Anugerah ini merupakan buah dari upaya besar yang telah dilakukan BPJS Kesehatan dalam transformasi mutu layanan kepada peserta JKN. Sehingga dapat memberikan jaminan kesehatan dengan inovasi digital dan standar yang sangat memuaskan bagi masyarakat,” ujarnya, saat menerima penghargaan, di Jakarta, Senin (1/4/2024).
Menurutnya, BPJS Kesehatan akan selalu berupaya secara maksimal dalam memberikan pelayanan terbaik kepada peserta JKN. Saat ini, lanjutnya, ekosistem Program JKN sangatlah luas, tidak terbatas pada bidang kesehatan saja, melainkan juga di bidang finansial, teknologi informasi, pelayanan, dan sebagainya.
Maka dari itu, BPJS Kesehatan berupaya mendorong seluruh pihak untuk bersama-sama menciptakan inovasi yang bervariasi untuk mendukung penyelenggaraan Program JKN.
“Penghargaan ini menjadi motivasi bagi kami untuk terus mengembangkan inovasi-inovasi baru yang dapat meningkatkan kualitas pelayanan kepada peserta JKN, bahkan hingga ke pelosok negeri. Kami akan terus berkomitmen untuk memberikan yang terbaik bagi kesejahteraan masyarakat Indonesia dengan memberikan pelayanan kesehatan yang mudah, cepat, dan setara,” tegasnya.
Di samping itu, ia mengaku akan terus mengembangkan teknologi informasi untuk memperluas dan mempermudah akses layanan bagi peserta JKN.
Masyarakat sudah bisa mendapatkan kemudahan dalam hal administrasi dengan munggakan aplikasi digital. Aplikasi itu yakni Mobile JKN, Pelayanan Adminsitrasi melalui Whatsapp (PANDAWA), Chat Asisstant JKN (CHIKA), Voice Interactive JKN (VIKA) hingga BPJS Kesehatan Care Center 165.
Dalam aplikasi Mobile JKN ada fitur-fitur berupa telekonsultasi, skrining riwayat kesehatan, antrean online, hingga fitur i-Care JKN.
Berbagai inovasi tersebut dikembangkan berdasarkan customer journey, sehingga bisa mengakomodir kebutuhan masyarakat di lapangan.
Pun, BPJS Kesehatan juga berkolaborasi dengan kementerian/lembaga, pemerintah daerah, fasilitas kesehatan, tenaga kesehatan, asosiasi profesi, dan para pemangku kepentingan terkait untuk meningkatkan kualitas pelayanan. Jadi, peserta JKN bisa terlayani dengan kian baik dan memuaskan. (*) RAL