Direktur Telkom Raih Top 100 Outstanding Women 2022

Solo – Salah satu Direktur PT Telkom Indonesia (Telkom), yakni Direktur Consumer Service FM Venusiana R. meraih penghargaan Infobank Top 100 Most Outstanding Women 2022, yang diadakan Jumat, 20 Mei 2022, bertempat di Hotel Alila Solo.

Penghargaan ini diterima Venusiana berkat rekam jejak dan kontribusinya di PT Telkom Indonesia. Venusiana mengemban amanah sebagai Direktur Consumer Service PT Telkom sejak Mei 2020. Ia bergabung ke Telkom sejak 1995. Wanita kelahiran Manokwari tahun 1966 ini, telah menjabat berbagai posisi strategis di Telkom.

Sebut saja Senior Vice President Producement Telkomsel pada 2017, Manager Engineering Telkomsel Sulawesi dan Papua, GM Regional Network Operation Telkomsel untuk Sulawesi, Maluku, dan Papua. Di samping itu, dirinya juga sempat ditunjuk sebagai Direktur Jaringan Telkomsel di awal 2020.

Berdasarkan laporan keuangan Telkom yang dikutip minggu lalu, pendapatan perseroan tercatat mencapai Rp35,2 triliun atau naik 3,7%. Sementara laba bersih per saham Telkom juga tercatat naik tipis di kuartal I 2022, yaitu dari Rp60,71 menjadi Rp61,76.

Selain itu, EBITDA dari BUMN ini juga tumbuh 3,1% secara tahunan, yaitu dari Rp18,81 triliun menjadi Rp19,39 triliun, dan laba bersihnya tumbuh 1,7%. Pertumbuhan ini ditopang oleh ekspansi layanan dan bisnis dari sejumlah anak usaha PT Telkom. Salah satunya seperti apa yang dilakukan oleh Indihome sebagai salah satu anak usaha PT Telkom.

Di bawah Venusiana selaku direktur customer service, Indihome terus melakukan optimalisasi layanan customer service digital. Indihome telah menerapkan pengukuran WOW Customer Experience untuk memberikan pelanggan pengalaman terbaik, dengan mengembangkan ekosistem digital yang terkoordinasi dan solid. Kemudian, melalui inovasi seperti Smart IVR, penggunaan bot berfungsi sebagai alat untuk menginformasikan gangguan massal, isolasi, segmentasi layanan kebijakan penggunaan wajar, dan untuk memperbarui kemajuan pengaduan.

“Keterbatasan dikarenakan pandemi tidak menjadi halangan bagi kami dalam melayani pelanggan. Dengan mengoptimalkan peran platform media sosial @IndiHomeCare dan call center 147, serta aplikasi mobile myIndiHome, kami berupaya memberikan solusi terbaik bagi pelanggan,” kata Venusiana, beberapa waktu lalu.

 

Penulis: Steven Widjaja

 

Infobank Top 100 Outstanding Women Forum 2022PT Telkom Indonesia
Comments (0)
Add Comment