Digitalisasi Hingga di Level Mikro, BRI Diganjar 14 Penghargaan di Infobank-Isentia 12th Digital Brand Awards 2023

Jakarta—PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk atau BRI memboyong 14 penghargaan di ajang “Infobank-Isentia 12th Digital Brand Awards 2023” yang berlangsung di Hotel Shangri-La, Jakarta, Rabu (12/4/2023).

Merujuk pada hasil analisis dari lembaga analisis dan media monitoring global iSentia bekerja sama dengan Majalah Infobank, BRI dinyatakan berhak membawa pulang 14 penghargaan, termasuk The Best Leaders Personal Digital Brand 2023 yang disematkan kepada Direktur Utama BRI Sunarso.

Selain itu, BRI juga berhasil meraih penghargaan di kategori The Best Conventional Bank in Digital Brand, The Highest Digital Index Conventional Bank KBMI 4, The 3rd Highest Digital Index/Bank Deposit, The Highest Digital Index/Bank Mortgage Loan, The 3rd Highest Digital Index/Conventional Mobile Banking, The 3rd Highest Digital Index/Conventional Bank Wealth Management, dan sebagainya.

Direktur Digital dan Teknologi Informasi BRI Arga M. Nugraha mengatakan, sejumlah penghargaan tersebut membuktikan bahwa BRI mampu melakukan terobosan transformasi digital untuk menjangkau para nasabahnya, terutama nasabah mikro.

“Kami berterima kasih kepada Infobank dan seluruh partners-nya yang telah memberikan awards ini. Ini menjadi validasi untuk kami dan kisah bagaimana Pak Sunarso selaku CEO memimpin reformasi di BRI. Apa yang kami upayakan selama setahun ini berbuah manis, yaitu kami bisa melakukan transformasi digital bersama dengan nasabah kami. Dan telah mencapai banyak achievement yang luar biasa,” ujarnya saat diwawancarai AsianPost, Rabu (12/4/2023).

Menurut Arga, BRI mampu menjangkau nasabah mikro UMKM yang selama ini dianggap sulit diajak masuk ke platform digital dengan beberapa pendekatan berbasis edukasi.

.“Tapi Alhamdulillah selama sekian tahun ini kami sudah mengubah sedikit strategi kami untuk berinvestasi dengan menggunakan yang kami sebut sebagai hybrid approach di mana kami coba menggunakan jaringan yang begitu luas di seluruh negeri, kami kombinasikan kekuatan jaringan kami ini dengan kekuatan digital,” sambungnya.

Arga berujar, perseroan melakukan dua pendekatan/approach, pertama, melakukan digitalisasi terhadap proses-proses eksisting. Misalnya, aplikasi BRIspot atau yang biasa disebut loan origination system. Aplikasi ini bertujuan mempermudah proses permintaan-permintaan nasabah dalam mengajukan kredit.

dan ini sudah terbukti membawa kami sukes memberikan penawaran berbagai macam kredit KUR selama pandemi kemarin karena kita benar-benar menggunakan digitalisasi.

Selanjutnya, BRI melakukan pendekatan digital tools untuk membentuk bisnis-bisnis baru. Dia mencotohkan aplikasi PINANG (Pinjaman Tenang), dan Ceria BRI.

Ia menjelaskan, PINANG merupakan aplikasi resmi dari BRI dan Bank Rayat dalam menawarkan pinjaman tunai kepada nasabah, sedangkanCERIA BRI merupakan produk pinjaman online khusus untuk pembelian barang konsumtif dengan metode cicilan. Kedua dua aplikasi tersebut memberikan pilihan nasabah untuk mengajukan pinjaman secara online sesuai kebutuhan.

“Kami bisa melakukan disbursement kredit KUR online tanpa perlu lagi literasi fisik di unit kerja kami. Ini adalah dua contoh yang memang sangat konkret kami bisa membawa digitalisasi kepada nasabah-nasabah kami yang mereka tidak bias,” jelas Arga.

Maka tidak heran, di antara transformasi digital yang digagas oleh BRI tersebut, iSentia menilai bank pelat merah ini berhasil menjalankan strategi bisnis guna memperluas jangkauan layanan berbasis digital untuk UMKM dan memanfaatkan digitalisasi untuk mendorong pelayanannya terhadap nasabah.

Di tempat yang sama, Chairman Infobank Media Group Eko B. Supriyanto mengatakan, riset digital brand dilakukan untuk meningkatkan kesadaran kita terkait strategi branding baru yang perlu dilakukan di era digital.

“Saya melihat bahwa proses digitalisasi telah memperbaharui cara kita menjalankan bisnis. Perusahaan perlu memperhatikan penilaian ini, karena kita hidup di zaman yang menempatkan medsos sebagai pusat kehidupan,” ujar Eko B. Supriyanto.

Sementara Regional Insights Director for Emerging Markets, Southeast Asia, Isentia, Lady Ochel C. Espinosa menyebut, dalam menghadapi persaingan bisnis di era digital, penggunaan media sosial dalam strategi komunikasi adalah keniscayaan.

“Melalui pemantauan media sosial, pelaku bisnis dapat mengetahui kebutuhan terkini masyarakat sehingga dapat dilakukan perbaikan dan inovasi baru untuk mempertahankan atau meningkatkan pangsa pasar,” jelas Lady Ochel C. Espinosa.

Acara “12th Infobank-Isentia Digital Brand Award 2023” didahului dengan CEO Sharing & Recognition bertajuk “The Inspiring Leadership in Winning Digital Era Competition” dengan menghadirkan pembicara Rivan Achmad Purwantono, Direktur Utama Jasa Raharja, dan Henoch Munandar, Direktur Utama Bank BTPN.

Metodologi yang digunakan dalam riset ini menggunakan delapan tahapan yang berpusat pada channel media sosial dalam melakukan penilaian terhadap corporate brand dan product brand.

Ke delapan tahapan itu yakni, menentukan kategori, melakukan riset terhadap brand dan kata kunci, memilih channel medsos, men-generate data dari medsos, menentukan sentimen, pengambilan data, menghitung indeks, dan menentukan hasil tiga teratas atau top three.

Dijelaskan, ada 16 kategori sebagai basis pemeringkatan corporate brand dan 19 kategori sebagai basis pemeringkatan product brand. Nama brand yang ditentukan ini akan menjadi basis dari penelitian dan kata kunci (keyword) dalam platform social media monitoring Isentia.

Jadi, ada ribuan subchannel berbeda yang dipergunakan untuk pengambilan data, yakni melalui Twitter, Facebook, forum-forum, dan kanal berita online.

Berikut daftar sejumlah penghargaan yang diterima BRI:

  • The Best Leaders Personal Digital Brand 2023 Direktur Utama BRI Sunarso
  • The Best Conventional Bank in Digital Brand
  • The Highest Digital Index Conventional Bank KBMI 4
  • The 3rd Highest Digital Index/Bank Deposit
  • The Highest Digital Index/Bank Mortgage Loan
  • The 3rd Highest Digital Index/Conventional Mobile Banking
  • The 3rd Highest Digital Index/Conventional Bank Wealth Management
  • The 3rd Highest Digital Index/E-Money Bank
  • The Best/Conventional Bank/KBMI 4
  • The 3rd Best/Deposito Conventional Bank/KBMI 4
  • The Best/Mortgage Loan Conventional Bank/KBMI 4
  • The 3rd Best/Wealth Management Conventional Bank/KBMI 4
  • The 3rd Best/Internet Banking Conventional Bank/KBMI 4
  • The 3rd Best/Mobile Banking Conventional Bank/KBMI 4
  • The 3rd Best/E-Money Bank/KBMI 4 (*) RAL
BRIDigital awards 2023Infobank-Isentia 12th Digital Brand Awards 2023kredit mikroPembiayaan MikroUMKM
Comments (0)
Add Comment