Digitalisasi Bikin Kinerja Terbang Tinggi, Maybank Indonesia Sabet 9 Penghargaan di Infobank Digital Brand 2024

Jakarta— PT Bank Maybank Indonesia Tbk (Maybank Indonesia) berada di posisi terdepan dalam menyediakan layanan digital yang unggul untuk memberikan kepuasan bagi para nasabah.

Pengalaman dan kepuasan nasabah merupakan gagasan utama yang dikedepankan oleh Maybank Indonesia dalam meningkatkan layanan, selaras dengan misi “Humanising Financial Services”.

Oleh karena itu, focus perusahaan ialah customer centricity dan inovasi digital strategi penyediaan layanan Maybank Group, M25+. Platform digital yaitu M2U ID App dibekali dengan fitur-fitur mobile banking yang menarik, aman, dan solutif.

Tak heran jika Maybank Indonesia mendapatkan 9 penghargaan dari Majalah Infobank di ajang 13th Infobank – Isentia Digital Brand Recognition 2024 yang diselenggarakan di Shangri La Hotel Jakarta Pusat, pada Senin (1/4/2024).

Adapun, kesembilan penghargaaan yang diberikan tersebut meliputi, The 2nd Highest Digital Index/Vehicle Loan Conventional Bank, The Best/Conventional Bank/KBMI 3/Asset Class Rp150 Triliun – < Rp200 Triliun, The Best/Debit Card Conventional Bank/ KBMI 3/Asset Class Rp150 Triliun – < Rp200 Triliun, The Best/Vehicle Loan Conventional Bank/ KBMI 3/Asset Class Rp150 Triliun – < Rp200 Triliun , The Best/Internet Banking Conventional Bank/ KBMI 3/Asset Class Rp150 Triliun – < Rp200 Triliun, The Best/Mobile Banking Conventional Bank/ KBMI 3/Asset Class Rp150 Triliun – < Rp200 Triliun.

Kemudian, The 2nd Best/Credit Card Conventional Bank/ KBMI 3/Asset Class Rp150 Triliun – < Rp200 Triliun, The 2nd Best/Deposit Conventional Bank/ KBMI 3/Asset Class  Rp.150t – <Rp200 Triliun, dan The 2nd Best/Savings Account Conventional Bank/ KBMI 3/Asset Class >Rp 200 Triliun.

Maybank Indonesia secara berkesinambungan terus berupaya untuk menyempurnakan layanan digitalnya dengan terlebih dahulu memahami kebutuhan nasabah (know your customer/KYC).

Bagi perusahaan, aspek kebutuhan nasabah (what customer needs) menjadi perhatian utama serta menjadi kunci dalam mengeluarkan layanan maupun solusi perbankan. Hal ini juga melatarbelakangi hadirnya aplikasi M2U ID, sebuah platform mobile banking dengan beragam manfaat dan kemudahan.

Aplikasi M2U ID bukan sekadar syarat pelengkap untuk go digital, tetapi aplikasi ini difokuskan sebagai titik temu antara aktivitas perbankan dengan nasabah yang berpusat pada customer centricity.

Sejumlah fitur yang disematkan di antaranya kemudahan dalam proses pembukaan rekening baru secara online tanpa harus mengunjungi kantor cabang dengan sistem terintegrasi Straight Through Processing (STP).

Maybank Indonesia juga melakukan peningkatan sistem keamanan untuk menjaga privasi data terkait finansial nasabah pada platform M2U ID App melalui single device binding. Dalam hal ini, nasabah dapat menggunakan M2U ID App melalui satu perangkat (single device) yang terdaftar pada sistem Bank.

Selanjutnya, untuk proses verifikasi, M2U ID App sudah mengusung sistem passcode Secure2U yang terembed hanya di smartphone milik nasabah, sehingga tidak lagi menggunakan OTP yang dikirim ke SMS yang tergolong riskan.

Di sisi transaksi, Maybank Indonesia menghadirkan fitur-fitur yang komplit, mulai dari transfer (SKN, RTGS, BI Fast), tarik tunai (cardless), dan dilengkapi dengan QRIS untuk melakukan pembayaran.

Aplikasi M2U ID juga dilengkapi dengan fitur 360 Digital Wealth yaitu fitur yang dapat membantu nasabah dalam mengelola kekayaan.

Nasabah dapat melihat seluruh portfolio aset mereka dengan mudah dan cepat, baik itu pemasukan, pengeluaran, angsuran, dan historis transaksi melalui My Portfolio 360 pada platform tersebut.

Menariknya, di dalam Fitur 360 Digital Wealth juga bisa memberikan advice dan pilihan investasi terbaik yang disesuaikan dengan kebutuhan nasabah untuk mencapai goals yang diinginkan dan memungkinkan nasabah membeli dan mengelola instrumen investasi seperti reksa dana.

Tak hanya itu, di M2U ID App juga saat ini sudah memiliki beragam jenis investasi seperti, bonds/SBN dan yang baru kita luncurkan bekerjasama dengan Pegadaian yaitu Tabungan Emas, sehingga nasabah bisa berinvestasi mulai dari porsi yang kecil, yaitu Rp10 ribu saja.

Penyempurnaan ini merupakan jawaban dari semakin tingginya minat dan kesadaran untuk berinvestasi di kalangan generasi muda.

Pada tahun ini Maybank Indonesia juga akan membekali aplikasi M2U ID dengan fitur untuk mengambil pinjaman/kredit. Nantinya, nasabah dapat mengajukan kredit tanpa agunan (KTA) maupun pembiayaan mobil tanpa harus mengunjungi kantor cabang.

Keputusan perseroan untuk fokus pada digitalisasi membuahkan hasil atas pertumbuhan kinerja yang tercatat positif. Bank yang dipimpin oleh Taswin Zakaria sebagai presiden direktur Maybank Indonesia ini mampu meraup laba bersih konsolidasi sebesar Rp1,81 triliun. Perolehan itu naik 18,55% dibangding 2022 sebesar Rp1,53 triliun.

Raihan laba bersih itu didorong oleh pendapatan bunga bersih yang naik 3,64% dari Rp7,19 triliun menjadi Rp7,45 triliun pada 2023.

Pendapatan bunga bersih tersebut tak lepas dari kontribusi pembiayaan Maybank Indonesia yang meningkat secara tahunan.

Sementara, pada 2023, Maybank Indonesia berhasil menyalurkan pembiayaan konsolidasi sebesar Rp116 triliun, atau naik 7,59% ketimbang pada tahun sebelumnya sebesar Rp107,81 triliun. (*) RAL

MaybankMaybank FoundationMaybank Indonesia
Comments (0)
Add Comment