Jakarta— PT Bank Negara Indonesia, Tbk (Persero) menyatakan kesiapannya untuk mendukung pelaku bisnis asal Indonesia di Singapura.
KC BNI di Singapura ini telah berdiri sejak 14 Oktober 1955. BNI menjadi satu-satunya bank milik negara yang memiliki lisensi Full-Bank di Singapura.
Selain membuka layanan remitansi, BNI Cabang Singapura turut melayani rekening giro dan deposito, sindikasi kredit atau pinjaman komersial, jaminan rumah sakit, fasilitas kredit hingga pembiayaan dagang.
Di samping itu, keberadaan bank milik negara ini juga ditujukan untuk mendukung pelaku bisnis asal Indonesia dapat berkembang dan menembus pasar Singapura.
Acting General Manager BNI Cabang Singapura Yuli mengatakan, selama ini perusahaan pelat merah itu kerap mendukung pengusaha dalam negeri memulai bisnis atau melakukan ekspansi ke negara tersebut.
“Bila terdapat masyarakat yang ingin membuka perusahaan atau perwakilan di sini, biasanya lebih banyak kami bantu kenalkan ke klien kami agar mereka bisa open company di Singapura,” katanya di Kantor Cabang BNI di Cecil Street, Singapore, Senin (3/4/2023).
Selain itu, BNI berkomitmen hanya memberikan pembiayaan kepada masyarakat Indonesia yang memiliki bisnis di Negeri Singa, atau penduduk lokal yang memiliki hubungan dagang dengan pelaku ekspor-impor dengan Indonesia.
Pada 2022, BNI Cabang Singapura sukses membukukan laba bersih sebesar US$26,6 juta.
Capaian ini tumbuh 243,76% secara year on year (yoy) dibandingkan periode sebelumnya.
Adapun posisi penyaluran kredit di periode 2022 telah menyentuh US$1,10 miliar dan turut mendongkrak nilai earning asset cabang hingga US$1,65 miliar, atau meningkat 22,7% secara yoy. (*) RAL