Jakarta— Bertekad ingin menjadi perusahaan asuransi jiwa nomor wahid di Indonesia, Asuransi BRI Life terus memacu kinerja bisnisnya di tahun ini untuk menyalip beberapa rival besarnya yang lebih dulu mencengkramkan bisnisnya di dunia asuransi.
Alasan itulah yang membuat Direktur Utama BRI Life Iwan Pasila terus mendorong portofolio proteksi sesuai dengan kebutuhan di setiap segmen nasabah di holdingnya, Bank BRI.
Prestasinya itu menjadikan BRI Life dinobatkan sebagai salah satu perusahaan asuransi terbaik versi Infonbank di ajang penghargaan Insurance Awards 2023, yang berlangsung di Hotel Shangri-La, pada (25/7/2023).
Asuransi BRI Life dinilai layak mendapatkan Platinum Trophy The Best Performance in 10 Consecutive Years Life Insurance Company, The Highest Score Life Insurance Company 2023 kategori Gross Premium lebih dari Rp5 triliun, The Best Performance Life Insurance Company 2023 kateogori Gross Premium lebih dari Rp5 triliun.
Iwan Pasila, Direktur Utama Asuransi BRI Life berkeinginan mengikuti jejak kesuksesan induk usaha, BRI yang bisa menjadi salah satu bank terbesar di tanah air. Maka dari itu, BRI Life tampak terus .berupaya memenuhi kebutuhan perlindungan asuransi di masing-masing segmen nasabah. BRI Life juga memiliki strategi untuk lebih memfokuskan produk proteksi berupa asuransi yang memiliki jangan waktu lebih panjang.
Di akhir Juni 2023, BRI Life membukukan annualized premium equivalent (APE) atau premi baru ekuivalen yang disetahunkan sebesar Rp1,72 triliun.
Angka ini menunjukkan kenaikan sebesar 12% secara (year on year/yoy). Di akhir Mei 2023 BRI Life sebagai asuransi jiwa ini juga mencatatkan kenaikan pada APE sebesar 20% YoY yaitu mencapai Rp1,46 triliun.
Saat ini, BRI Life tercatat sebagai perusahaan asuransi nomor dua atau tiga di Indonesia dari sisi premi baru. Iwan tak menampik jika langkah ini tidak mudah mengingat harus berhadapan dengan perusahaan asuransi jiwa yang besar lainnya seperti Allianz dan Prudential.
Untuk mencapai target tersebut, Iwan menargetkan jumlah pemegang polis BRI Life dapat menyentuh angka 50 juta nasabah pada 2027 atau dua kali lipat dari total pemegang polis pada 2023 yang sebanyak 26 juta orang. Dalam menyambut pertumbuhan pemegang polis, Iwan mengatakan perusahaan juga menaruh perhatian besar dalam peningkatan digitalisasi.
Jika dua tahun terkahir klaim meninggal membutuhkan 14 hari kerja, saat ini tiga hari kerja klaim tersebut sudah bisa dibayar tanpa mengenyampingkan keakuratan data.
Untuk diketahui, penghargaan yang diberikan itu didasarkan pada rating 118 perusahaan asuransi yang berkinerja terbaik untuk laporan keuangan terperiksa dan terpublikasi di periode 2021 dan 2022.
Penilaian kinerja perusahaan asuransi yang dilakukan oleh Biro Riset Infobank ini dilakukan dalam 5 tahapan besar untuk menentukan predikat “sangat bagus”.
Tahapan tersebut meliputi penentuan formula rating berdasarkan perkembangan industri asuransi, pencarian sumber data, pemberian skor/nilai dari hasil pengolahan angka-angka dari berbagai rasio pertumbuhan, dan pemberian predikat.
Biro Riset Infobank kemudian mengelompokkan perusahaan asuransi berdasarkan pendekatan premi bruto. Pengelompokan perusahaan asuransi yang satu dengan yang lainnya menggunakan standar deviasi, sehingga diperoleh pengelompokkan yang adil melalui pendekatan pemerataan.
Chairman Infobank Media Group, Eko B. Supriyanto mengungkapkan, di tengah banyaknya perusahaan asuransi yang bermasalah, masih banyak yang berhasil meencatatkan kinerja terbaiknya. Setidaknya, 50% dari 118 perusahaan asuransi berhasil meraih predikat kinerja “Sangat Bagus” atau predikat tertinggi dalam rating Infobank.
“Ada beberapa perusahaan asuransi yang bangkrut, seperti Jiwasraya, Wanartha Life, dan Kresna Life. Asuransi Bumiputera juga tengah berjuang untuk segar kembali. Bahkan, menurut OJK, ada 13 perusahaan asuransi yang tidak baik-baik saja,” ujar Eko B Supriyanto.
Menurut Eko, berdasarkan pengalaman, perusahaan asuransi yang menemui ajal lebih dikarenakan urusan moral hazard, meski secara produk juga sudah bermasalah sejak awal.
“Untuk, kami mengucapkan selamat dan sukses kepada para direksi dan komisaris dari 59 asuransi yang berhasil meraih penghargaan Infobank Insurance Award 2023,” sambungnya.
Capaian ini, lanjut Eko, menunjukkan keberhasilan pengelola dalam menjaga kepercayaan pemegang polis dengan memberikan layanan terbaik, menghadirkan produk-produk asuransi yang berkualitas, dan tetap menjaga integritas. (*) RAL