Jakarta— PT Mandiri Utama Finance (MUF) berhasil meraih penghargaan THE 2nd BEST Multifinance Company 2025 di kategori aset Rp10 triliun ke atas dalam ajang “14th Infobank-Isentia Digital Brand Awards 2025” di Shangri-La Hotel, Jakarta, Kamis, 20 Maret 2025.
Pengakuan tersebut memperkuat reputasi MUF sebagai perusahaan pembiayaan yang paling banyak dibicarakan dalam tone positif.
Anak perusahaan Bank Mandiri (Persero) ini memang telah lama dikenal sebagai perusahaan pembiayaan paling terpercaya an dapat diandalkan. Di sisi layanan, MUF tercatat telah memiliki 156 jaringan outlet konvensional dan 160 jaringan outlet syariah di seluruh Indonesia dengan belasan ribu debitur.
Keberadan jaringan outlet tersebut untuk membantu banyaknya debitur yang berkunjung ke kantor cabang atau jaringan kantor MUF, seperti kantor cabang pembantu.
Perusahaan juga telah membentuk bagian layanan pelanggan atau customer service (CS) dengan latar belakang untuk efisiensi operasional, kebutuhan melayani 24/7 (24 jam dalam sehari selama seminggu), dan memperkuat service level agreement (SLA).
Perseroan berinisiatif melahirkan fitur digitalisasi layanan pelanggan, sehingga nasabah dapat berinteraksi secara digital melalui daring (online) dan dapat dilakukan di berbagai platform. “Kami melahirkan digitalisasi yang memungkinkan nasabah dapat berinteraksi secara digital dan dengan berbagai platform.
Penguatan di sisi SLA merupakan faktor yang penting untuk dapat dipertimbangkan ketika suatu layanan pelanggan dapat memberikan pelayanan mumpuni. Sehingga, MUF melakukan inovasi sistem yang dapat mengintegrasikan antara sistem dan pelayanan nasabah secara akurat.
MUF Online Assistant (MONA) yang menjadi aktor di balik layanan pelanggan. MONA adalah suatu persona dengan teknologi tertentu yang dikembangkan oleh MUF untuk pelayanan pelanggan. MONA memberikan berbagai macam pelayanan kepada debitur secara mudah, tepat, konkret, efisien, dengan service level agreement yang cepat.
MONA dapat dihubungi pelanggan lewat berbagai platform. Mulai dari layanan telepon, e-mail, media sosial seperti Twitter atau X, YouTubeTV, Instagram, Facebook, hingga platform perpesanan instan seperti WhatsApp, dan situs resmi MUF. Adapun di website MUF, yaitu www.muf.co.id, MONA terbilang cukup aktif dan hadir secara daring di situs tersebut.
Perlu dikeahui, metodologi yang digunakan dalam riset ini menggunakan delapan tahapan yang berpusat pada channel media sosial dalam melakukan penilaian terhadap corporate brand dan product brand.
Kedelapan tahapan itu yakni, menentukan kategori, meriset brand dan kata kunci, memilih channel medsos, men-generate data dari medsos, menentukan sentimen, pengambilan data, menghitung indeks, dan menentukan hasil tiga teratas (top three).
“Sistem pemrosesan multibahasa yang digunakan Isentia mampu mengekstraksi data dan mengkategorikan sentimen dalam lima kategori: sangat positif, positif, netral, negatif, dan sangat negatif,” ujar Russ Horell, Chief Revenue Officer (CRO) Asia Pacific Isentia, saat memberikan pemaparan.
Data yang telah dikategorikan kemudian disimpan dalam Dashboard I-Social Isentia, yang kemudian dianalisis menggunakan algoritma Isentia untuk menghasilkan statistik, tren, indeks,dan laporan visual seperti grafik dan pemetaan dengan representasi warna yang berbeda-beda.
Menurut Chairman Infobank Media Group Eko B. Supriyanto, riset digital brand dilakukan untuk meningkatkan kesadaran terkait strategi branding baru yang perlu dilakukan di era digital. Saat ini, interaksi digital memiliki pengaruh besar terhadap persepsi konsumen.
“Reputasi online sebuah perusahaan bisa menjadi penentu kesuksesan maupun kegagalan. Media online memainkan peran penting sebagai sumber data yang sangat besar dan kuat. Media sosial juga dapat digunakan sebagai saluran layanan pelanggan yang interaktif,” ujar Eko B. Supriyanto, saat memberikan sambutan.
Acara “14th Infobank-Isentia Digital Brand Award 2025” didahului dengan Sharing From Visionary Leaders bertajuk “Business Vision in Global Divergences” dengan menghadirkan pembicara Ridha D.M. Wirakusumah, Ketua Dewan Direktur Indonesia Investment Authority. Selain memberikan penghargaan kepada 88 institsi, Infobank dan Isentia juga memberikan penghargaan “CEO in Digital Brand 2025” kepada 8 CEO”.
Acara yang bisa disaksikan secara live melalui InfobankTV Channel Youtube ini terselenggara berkat dukungan para sponsor antara lain, Livin by Mandiri, Kopra by Mandiri, PNM, Akulaku Finance, HSBC, Bank of China, KB Bank, BSI, WOM Finance, Bank Jatim, SMI, Jasa Raharja, Mandiri Utama Finance, AlloBank, BPJS Kesehatan, Asuransi Tugu, Bank Mayapada, Bank Jasa Jakarta.
Lalu, BTN, Askrindo, Bank Banten, Hanwa Life, IndonesiaRe, Nanabank Syariah, Bank DKI, Bank Jateng, Syailendra, Indonesia Eximbank, Zurich, Avrist, BTPN, Pertalife, Maybank, Adira Finance, Bank CIMB Niaga, Asuransi JMA Syariah, Bank Muamalat, MNC Bank, BCA Syariah, Bank Riau Kepri Syariah,dan Sucofindo. (*)