Jakarta— Sebagai bank swasta terbesar di Indonesia, PT Bank Central Asia Tbk atau BCA kembali unjuk gigi menampilkan prestasinya dalam melayani nasabah.
Keseriusan BCA dalam mengawal kepuasan nasabah itu membawa perusahaan yang dipimpin Jahja Setiaatmadja ini mendapatkan penghargaan bergengsi pada acara 20th Infobank-MRI Banking Service Excellent Recognition 2023 yang diadakan di Shangri-La Hotel Jakarta, Selasa (20/6/2023).
Penghargaan tersebut diberikan oleh Chairman Infobank Media Group Eko B. Supriyanto kepada Senior Vice President BCA Erna Noviani dan Vice President BCA Angela Wanodya Sawangi.
Sederet penghargaan di bidang layanan digital yang diterima itu ialah Titanium Recognition 15 Consecutive, Years in Service Excellence, The 1st Best Internet Banking, The 1st Best Digital Branch, The 1st Best Opening Account via Mobile Application/Mobile Browser, The 1st Best Live Chat, dan The 1st Best Cash Recycling Machine (CRM).
Prestasi yang diukir BCA ini memang bukan hal baru. Sejak arus digitalisasi gencar masuk ke Indonesia, BCA memang sudah berlari kencang dan menyesuaikan diri dengan perubahan yang akan terjadi. Maka tidak mengherankan layanan digital BCA seperti Klik BCA selalu terdepan dan mudah digunakan untuk bertransaksi.
Tak hanya itu, dalam sepekan terakhir ini, BCA melalui BCA Digital meluncurkan fitur bluInvest untuk menghubungkan akun blu dengan aplikasi Investasi. Fitur teranyar itu merupakan hasil kerja sama BCA Digital dengan Moduit dan FUNDtastic untuk mempermudah nasabah blu mulai berinvestasi.
Untuk pembelian instrumen investasi dan wealth management services, dapat dilakukan di aplikasi Moduit dan FUNDtastic dengan menggunakan blu sebagai metode pembayaran. blu by BCA Digital diluncurkan untuk menyasar generasi muda yang melek teknologi sebagai target utama. blu memiliki beberapa fitur dalam aplikasinya. Salah satunya bluSaving yang bisa membuka 10 tabungan hanya dalam satu rekening.
Sekadar diketahui, pemberian penghargaan didasarkan pada hasil survei yang dilakukan Marketing Research Indonesia sejak akhir 2022 hingga Maret 2023 atas kemampuan sejumlah bank dalam memberikan layanan terbaik kepada nasabah.
Survei bertajuk “Bank Service Excellence Monitor (BSEM) 2023” itu untuk mengukur kualitas layanan di mata nasabahnya, baik nasabah yang datang ke kantor cabang secara tatap muka, maupun nasabah yang memanfaatkan layanan digital banking.
Sementara itu, pengukuran customer experience nasabah dilakukan dengan menggunakan metode mystery shopping. Dengan metode ini, MRI mengukur operational efficiency dan proses layanan yang berlangsung melalui pengalaman nasabah dengan mengirimkan sejumlah shopper yang bertindak sebagai pelanggan sesungguhnya.
Pemberian penghargaan BSEA 2023 merupakan bentuk penghargaan kepada bank-bank yang berhasil melakukan peningkatan layanan dengan inovasi teknologi digital.
“Semangat bank untuk memanfaatkan teknologi digital tetap harus dibarengi dengan peningkatan security system tanpa mengabaikan fokus pada customer centric,” ujar Eko B. Supriyanto, Chairman Infobank Media Group. (*) RAL