Headlights:
- Untuk memperkuat ketahanan finansial sejak dini, PT Bank Digital BCA (BCA Digital) dan blu menghadirkan salah satu program Corporate Sustainability Initiatives (CSI) di Alor, Nusa Tenggara Timur (NTT).
- Program CSR ini adalah kolaborasi eksklusif One Fine Sky x blu bersama Yayasan Angkasa Biru Indonesia (OFS Foundation).
- BCA Digital dan blu menyalurkan 650 set seragam sekolah kepada siswa di tujuh sekolah dasar di Alor, Nusa Tenggara Timur (NTT), hasil konversi dari 650 T-shirt eksklusif bluForce, shareholder, dan stakeholder yang diproduksi bersama OneFineSky.
- BCA Digital turut menghadirkan sesi literasi keuangan interaktif pada sekolah-sekolah yang menerima manfaat.
Jakarta – Di tengah pesatnya perkembangan teknologi dan kemudahan akses digital, kemampuan mengelola keuangan secara bijak menjadi keterampilan dasar yang penting bagi generasi muda Indonesia.
Namun, tingkat literasi keuangan yang belum merata masih menjadi tantangan bagi sebagian masyarakat, terutama di daerah dengan keterbatasan akses terhadap edukasi dan layangan keuangan formal.
Sebagai bentuk komitmen dalam memperluas dampak positif dan memperkuat ketahanan finansial sejak dini, pada 2025 ini, PT Bank Digital BCA (BCA Digital) dan blu menghadirkan salah satu program Corporate Sustainability Initiatives (CSI) di Alor, Nusa Tenggara Timur (NTT).
Program CSR ini adalah kolaborasi eksklusif One Fine Sky x blu bersama Yayasan Angkasa Biru Indonesia (OFS Foundation), yang secara kreatif mengintegrasikan employer branding internal perusahaan dengan dampak sosial eksternal yang konkret.
Setiap T-shirt eksklusif yang diterima oleh lebih dari 400 karyawan bluForce di Hari Ulang Tahun blu tahun ini, serta 250 T-shirt yang juga dibagikan kepada shareholders dan stakeholders terpilih, secara otomatis menjadi donasi berupa satu set seragam sekolah bagi siswa yang membutuhkan di wilayah pelosok Indonesia. Dengan cara sederhana ini, bluForce turut berkontribusi terhadap masa depan pendidikan anak-anak Indonesia.
“Lewat inisiatif One Fine Sky x blu, kami ingin menunjukkan bahwa langkah kecil dapat membawa dampak besar ketika dilakukan dengan konsistensi dan kepedulian. Inisiatif ini tak hanya tentang donasi, tetapi juga tentang membangun budaya kebaikan di internal perusahaan,” ujar Head of Corporate Communication BCA Digital, Nariswari Yudianti dalam keterangan resminya, dikutip Jumat, 14 November 2025.
Di satu sisi, Nariswari berharap bluForce bisa merasakan kebanggaan karena seragam yang mereka kenakan sehari-hari juga adalah simbol kontribusi nyata bagi masa depan pendidikan dan literasi finansial anak-anak Indonesia.
Keberhasilan inisiatif ini tidak terlepas dari pesan internal perusahaan yang kuat, #bluBuatBaik yang merepresentasikan semangat untuk berbuat baik sekaligus menumbuhkan rasa bangga dari dalam. Narasi ini menjadikan T-shirt bluForce bukan sekadar atribut kerja, tetapi simbol sense of purpose dan kebanggaan kolektif yang merefleksikan nilai kemanusiaan perusahaan.
Melalui inisiatif #bluBuatBaik BCA Digital dan blu menyalurkan 650 set seragam sekolah kepada siswa di tujuh sekolah dasar di Alor, Nusa Tenggara Timur (NTT), hasil konversi dari 650 T-shirt eksklusif bluForce, shareholder, dan stakeholder yang diproduksi bersama OneFineSky.
Pemilihan Alor menjadi lokasi utama bukan tanpa alasan, wilayah ini merepresentasikan tantangan nyata terhadap pemerataan akses pendidikan dan inklusi finansial di wilayah Indonesia timur. Sebagai bagian dari kegiatan ini, tim BCA Digital yang terdiri dari perwakilan bluForce turut mengunjungi sekolah penerima manfaat dan mengadakan sesi literasi keuangan interaktif bertema kebiasaan baik dalam keseharian, termasuk di dalamnya kebiasaan mengelola keuangan sedari kecil dengan bijak.
“Kolaborasi ini sangat unik karena mampu menghubungkan brand purpose dengan dampak sosial yang konkret. Tidak hanya membantu secara material, tetapi juga menanamkan nilai-nilai penting tentang semangat belajar dan pengelolaan keuangan sejak dini,” ujar Ketua Yayasan Angkasa Biru Indonesia (OFS Foundation), Jenfilia Suwandrei Arifin
Secara total, donasi ini menjangkau lebih dari 600 siswa dari tujuh sekolah, termasuk SDN Makali, SD GMIT Kolana 1, SD INPRES Umapura, SD GMIT Padangsul, SDN Lantapah, SD GMIT 41 Bunggeta, dan SD INPRES Beangonong. BCA Digital berharap langkah ini menjadi pilot project yang menginspirasi lebih banyak kolaborasi lintas sektor dalam mendukung inklusi pendidikan dan literasi finansial di Indonesia.
Inisiatif #bluBuatBaik tentunya menjadi bagian dari Corporate Sustainability Initiatives (CSI) BCA Digital yang berlandaskan pada tiga pilar keberlanjutan: People, Planet, dan Prosperity. Melalui pilar People, BCA Digital berkomitmen untuk mendorong inklusi terhadap akses keuangan yang merata bagi seluruh lapisan masyarakat.
Pilar Planet diwujudkan lewat upaya pelestarian lingkungan dan penerapan praktik ekonomi sirkular, seperti penggunaan material daur ulang serta pengelolaan limbah yang bertanggung jawab. Sementara itu, pilar Prosperity berfokus pada peningkatan kesejahteraan ekonomi melalui edukasi dan penguatan literasi finansial sejak dini.
Ketiga pilar ini menjadi landasan bagi setiap langkah BCA Digital dalam menciptakan dampak berkelanjutan yang seimbang antara masyarakat, lingkungan, dan ekonomi. SW