Bank of China Cabang Jakarta Masuk Jajajaran Bank Asing Terbaik di Ajang Infobank Digital Brand Awards 2025

Jakarta— Bank of China (Hong Kong) Limited atau BOCHK Cabang Jakarta berhasil meraih penghargaan ” The 2nd Best Tabungan Bank Umum Konvensional 2025 pada kelompok Bank Asing Konvensional” dalam ajang 14th Infobank-Isentia Digital Brand Awards 2025 di Shangri-La Hotel, Jakarta, Kamis, 20 Maret 2025.

Penghargaan tersebut diberikan oleh Majalah Infobank dan Isentia (perusahaan media monitoring asal Australia) kepada Handojo Wibawanta Soetikno selaku Corporate Marketing Dircetor Bank of China.

Bank of China memiliki layanan perbankan digital di cabang Jakarta. Layanan ini membuat nasabah bertransaksi dengan lebih mudah dengan mengakses layanan perbankan secara online melalui aplikasi mobile banking atau internet banking.

Layanan Perbankan Digital yang disuguhkan Bank of China Aplikasi meliputi Mobile Banking. Di dalamnya Bank of China Cabang Jakarta menyematkan fitur-fitur unggulan di mana nasabah dapat melakukan berbagai transaksi perbankan seperti transfer dana, pembayaran tagihan, cek saldo, dan lain-lain melalui aplikasi mobile banking CCB Indonesia. Lalu, ada juga Internet Banking yang dapat diakses melalui website resmi bank.

Di segi intermediasi, penyaluran kredit tumbuh 8,4 persen menjadi Rp19,17 triliun, dari tahun sebelumnya sebesar Rp17,67 triliun.

Sejauh ini, Bank of China Cabang Jakarta mayoritas menyalurkan kepada pembiayaan korporasi untuk membiayai proyek-proyek infrastruktur, manufaktur, dan kesehatan. Sebesar 40 persen dari portofolio kredit mengalir ke perusahaan BUMN. Sisanya, sebesar 30 persen untuk pembiayaan konglomerasi lokal dan 30 persen ke perusahaan Cina related.

Perlu diketahui, metodologi yang digunakan dalam riset ini menggunakan delapan tahapan yang berpusat pada channel media sosial dalam melakukan penilaian terhadap corporate brand dan product brand.

Kedelapan tahapan itu yakni, menentukan kategori, meriset brand dan kata kunci, memilih channel medsos, men-generate data dari medsos, menentukan sentimen, pengambilan data, menghitung indeks, dan menentukan hasil tiga teratas (top three).

“Sistem pemrosesan multibahasa yang digunakan Isentia mampu mengekstraksi data dan mengkategorikan sentimen dalam lima kategori: sangat positif, positif, netral, negatif, dan sangat negatif,” ujar Russ Horell, Chief Revenue Officer (CRO) Asia Pacific Isentia, saat memberikan pemaparan.

Data yang telah dikategorikan kemudian disimpan dalam Dashboard I-Social Isentia, yang kemudian dianalisis menggunakan algoritma Isentia untuk menghasilkan statistik, tren, indeks,dan laporan visual seperti grafik dan pemetaan dengan representasi warna yang berbeda-beda.

Menurut Chairman Infobank Media Group Eko B. Supriyanto, riset digital brand dilakukan untuk meningkatkan kesadaran terkait strategi branding baru yang perlu dilakukan di era digital. Saat ini, interaksi digital memiliki pengaruh besar terhadap persepsi konsumen.

“Reputasi online sebuah perusahaan bisa menjadi penentu kesuksesan maupun kegagalan. Media online memainkan peran penting sebagai sumber data yang sangat besar dan kuat. Media sosial juga dapat digunakan sebagai saluran layanan pelanggan yang interaktif,” ujar Eko B. Supriyanto, saat memberikan sambutan.

Acara “14th Infobank-Isentia Digital Brand Award 2025” didahului dengan Sharing From Visionary Leaders bertajuk “Business Vision in Global Divergences” dengan menghadirkan pembicara Ridha D.M. Wirakusumah, Ketua Dewan Direktur Indonesia Investment Authority. Selain memberikan penghargaan kepada 88 institsi, Infobank dan Isentia juga memberikan penghargaan “CEO in Digital Brand 2025” kepada 8 CEO”.

Acara yang bisa disaksikan secara live melalui InfobankTV Channel Youtube ini terselenggara berkat dukungan para sponsor antara lain, Livin by Mandiri, Kopra by Mandiri, PNM, Akulaku Finance, HSBC, Bank of China, KB Bank, BSI, WOM Finance, Bank Jatim, SMI, Jasa Raharja, Mandiri Utama Finance, AlloBank, BPJS Kesehatan, Asuransi Tugu, Bank Mayapada, Bank Jasa Jakarta, BTN, Askrindo, Bank Banten, Hanwa Life, IndonesiaRe, Nanabank Syariah, Bank DKI, Bank Jateng, Syailendra, Indonesia Eximbank, Zurich, Avrist, BTPN, Pertalife, Maybank, Adira Finance, Bank CIMB Niaga, Asuransi JMA Syariah, Bank Muamalat, MNC Bank, BCA Syariah, Bank Riau Kepri Syariah,dan Sucofindo. (*)

bank of china
Comments (0)
Add Comment