Jakarta— PT Asuransi Tri Pakarta (TRIPA ) secara berkelajutan terus membenahi sektor digitalisasinya untuk memberikan kemudahan bagi para calon tertanggung.
Sejak lima tahun terkahir, TRIPA meluncurkan aplikasi untuk membantu para nasabah mengecek status polisnya melalui aplikasi yang bernama TRIPA Smart. Corporate Communication Head, Juniar Firdaus Imran mengatakan pohaknya terus mengembangkan berbagai fitur di TRIPA Smart mulai dari pembelian polis-polis yang sifatnya simple-risk, seperti Asuransi Kendaraan Bermotor, Kecelakaan Diri, Kebakaran hingga Asuransi Perjalanan hingga prosesi klaim melalui aplikasi.
Tidak hanya itu, kata Juniar, aplikasi ini juga dibekali dengan serangkaian kepintaran seperti dapat membantu penggunanya untuk mencari pom bensin terdekat, ramalan cuaca hingga berita terkini.
“Di 2023 ini TRIPA memperkuat digitalisasinya dengan menanamkan Artificial Intelligence diwebsite dimana mereka yang mengunjungi laman TRIPA yaitu tripakarta.co.id dapat dimudahkan ketika ingin mencari sesuatu, cukup dengan mengklik logo ASTRI (Icon TRIPA) dipojok kanan bawah”. ujarnya.
Hal ini diharapkan hal ini dapat menambah angin segar dalam meningkatkan literasi dan inklusi keuangan di Indonesia khususnya dalam sektor Asuransi dengan kemudahan yang dihadirkan.
Berdasarkan Otoritas Jasa Keuangan (OJK) mengumumkan hasil Survei Nasional Literasi dan Inklusi Keuangan (SNLIK) 2022 mengalami peningkatan dari 38,03% pada tahun 2019 menjadi 49,68% di tahun 2022.
Hal ini menunjukan trend positive bahwa masyarakat secara umum kini lebih giat dalam pemahaman serta penggunaan diinstrumen keuangan. Hal ini merupakan tanda bahwa PUJK (Pelaku Usaha Jasa Keuangan) terus berinovasi dalam menciptakan berbagai kemudahan ditengah masyarakat. (*) RAL