Agresif Bertumbuh, Zurich Insurance Kantongi Penghargaan dari Infobank

Jakarta—  Zurich Indonesia meraih penghargaan di ajang Infobank Insurance Award 2023 dari Infobank Media Group yang diselenggarakan di Hotel Indonesia Kempinski Jakarta, Kamis, (27/7/2023).

Penghargaan yang diberikan itu didasarkan pada rating 118 perusahaan asuransi yang berkinerja terbaik untuk laporan keuangan terperiksa dan terpublikasi di periode 2021 dan 2022.

Zurich Indonesia membawa pulang penghargaan The Best Performance General Insurance Company di kategori Gross Premium Rp1 triliun hingga kurang dari Rp2,5 triliun.

Zurich Indonesia berhasil mencatatkan kinerja positif pada tahun lalu. Anak perusahaan asuransi terbesar Swiss Zurich Insurance Group AG ini berhasil membukukan peningkatan laba konsolidasi sebesar 10% dibandingkan 2021.

Hal ini didukung pertumbuhan premi bruto sebesar 3% pada bisnis konvensional dan pertumbuhan kontribusi bruto lebih dari 40% pada bisnis syariah.

Di sektor asuransi jiwa, Zurich Indonesia mencatatkan pertumbuhan pendapatan premi bruto sebesar 4,3% dari tahun sebelumnya dengan pembayaran klaim dan manfaat meningkat sebesar 4,6%; dan mencatat keuntungan pertamanya sejak awal operasi. Jumlah pembayaran klaim yang dilakukan perusahaan sekitar Rp1,3 triliun sepanjang 2022.

Pertumbuhan bisnis Zurich Indonesia adalah  hasil dari komitmen perusahaan dalam menyediakan produk dan layanan terbaik yang berorientasi pada nasabah. Kami sangat senang bahwa sebagai perusahaan,

Saat ini, bisnis asuransi yang digawangi oleh Hilman Simanjuntak dan Edhi Tjahja Negara ini fokus pada pengembangan teknologi. Di tahun lalu, Zurich Indonesia melakukan studi pemetaan pelanggan sebagai landasan untuk pengembangan produk dengan meluncurkan platform asuransi digital yang memudahkan perusahaan untuk membangun dan mendistribusikan produk kepada nasabah dan para mitranya.

Adapun, Zurich Indonesia memperluas penetrasi dengan meluncurkan berbagai produk untuk menjangkau lebih banyak kategori nasabah.

Perlu diehtaui, di awal tahun ini, Zurich Indonesia meluncurkan berbagai produk baru untuk jiwa dan kesehatan dengan premi yang terjangkau, salah satunya Zurich Optimal Health Assurance (ZOHA).

Penilaian kinerja perusahaan asuransi yang dilakukan oleh Biro Riset Infobank ini dilakukan dalam 5 tahapan besar untuk menentukan predikat “sangat bagus”. Tahapan tersebut meliputi penentuan formula rating berdasarkan perkembangan industri asuransi, pencarian sumber data, pemberian skor/nilai dari hasil pengolahan angka-angka dari berbagai rasio pertumbuhan, dan pemberian predikat.

Biro Riset Infobank kemudian mengelompokkan perusahaan asuransi berdasarkan pendekatan premi bruto. Pengelompokan perusahaan asuransi yang satu dengan yang lainnya menggunakan standar deviasi, sehingga diperoleh pengelompokkan yang adil melalui pendekatan pemerataan.

Chairman Infobank Media Group, Eko B. Supriyanto mengungkapkan, di tengah banyaknya perusahaan asuransi yang bermasalah, masih banyak yang berhasil meencatatkan kinerja terbaiknya. Setidaknya, 50% dari 118 perusahaan asuransi berhasil meraih predikat kinerja “Sangat Bagus” atau predikat tertinggi dalam rating Infobank.

“Ada beberapa perusahaan asuransi yang bangkrut, seperti Jiwasraya, Wanartha Life, dan Kresna Life. Asuransi Bumiputera juga tengah berjuang untuk segar kembali. Bahkan, menurut OJK, ada 13 perusahaan asuransi yang tidak baik-baik saja,” ujar Eko B Supriyanto.

Menurut Eko, berdasarkan pengalaman, perusahaan asuransi yang menemui ajal lebih dikarenakan urusan moral hazard, meski secara produk juga sudah bermasalah sejak awal. “Untuk, kami mengucapkan selamat dan sukses kepada para direksi dan komisaris dari 59 asuransi yang berhasil meraih penghargaan Infobank Insurance Award 2023,” sambungnya. 

Capaian ini, lanjut Eko, menunjukkan keberhasilan pengelola dalam menjaga kepercayaan pemegang polis dengan memberikan layanan terbaik, menghadirkan produk-produk asuransi yang berkualitas, dan tetap menjaga integritas. (*) RAL

Dirut Zurich IndonesiaIKNBOgi Prastomiyono OJKOJKZurich Asuransi IndonesiaZurich Indonesia
Comments (0)
Add Comment