Jakarta— Direktur Utama PT PLN (Persero), Darmawan Prasodjo didapuk menjadi “The Most Reputable CEO in Digital Platform 2023” dalam perhelatan 12th Infobank Digital Brand Recognition 2023, pada Rabu (12/4/2023).
PLN dinilai berhasil melakukan transformasi digital pada proses bisnis dari hulu hingga ke hilir.
Upaya transformasi digital yang dituangkan Darmawan di perseroan membawa PLN menjadi “The Highest Digital Index” Perusahaan BUMN 2023, dan “The Best” Perusahaan BUMN 2023 Aset Di atas 100 Rp100 triliun dari Infobank.
Chairman Infobank Media Group, Eko B Supriyanto mengatakan, penghargaan tersebut dinilai secara independen fair dan tidak ada intervensi manusia.
“Bapak ibu sekalian yang ada di sini, pasti perusahaannya kontennya bagus karena itu adalah salah satu syarat dari kita untuk menjadi penilaian,” kata Eko pada acara yang mengusung tema _CEO Sharing: The Inspiring Leadership In Winning Digital Era Competition, di Hotel Shangrila, Jakarta (12/4/2023).
Sementara itu, Direktur Utama PLN, Darmawan Prasodjo menjelaskan bahwa PLN telah bertransformasi sejak tiga tahun terakhir melalui inovasi dan efisiensi dengan menjadikan digitalisasi sebagai pondasinya.
PLN melakukan transformasi digital yang mencakup berbagai aspek, mulai dari pembangkitan, transmisi, distribusi, sistem perencanaan, sistem keuangan, sistem pembayaran, sistem pengadaan, hingga ke sistem pelayanan pelanggan.
“PLN menata proses bisnis lewat digitalisasi dari yang semula berserak, terfragmentasi, menjadi terkonsolidasi dan terintegrasi. Dari yang serba manual menjadi ter-digitalisasi. Hal ini juga membuat PLN dapat mencetak kinerja perusahaan terbaik,” ujar Darmawan.
Darmawan mengungkapkan apa yang dilakukannya sebagai pemimpin sebuah perusahaan BUMN hanya sebagai perwakilan pemerintah yang juga sudah bekerja keras.
“Transformasi yang dilakukan PLN merupakan buah dari arahan dan bimbingan yang diberikan oleh Menteri BUMN Erick Thohir,” tuturnya.
Ia juga menyampaikan bahwa penghargaan ini dipersembahkan bagi seluruh insan PLN yang sudah bekerja keras selama ini untuk memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat.
”Penghargaan ini salah alamat, seharusnya penghargaan ini diberikan kepada seluruh insan PLN. Penghargaan ini adalah hasil kerja keras dan kerja tim dari seluruh pegawai PLN dalam menjaga pasokan kelistrikan dan meningkatkan layanan kepada masyarakat di seluruh pelosok tanah air,” pungkasnya. (*) RAL