Connect with us

Waspadai, Ini Titik-Titik Kemacetan Mudik di Jateng

(Foto: istimewa)

Regional

Waspadai, Ini Titik-Titik Kemacetan Mudik di Jateng

THE ASIAN POST, JAKARTA ― Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo mengingatkan titik-titik kemacetan selama mudik 2019.

“Beberapa hal yang menjadi catatannya untuk Angkutan Lebaran Tahun 2019, salah satunya adalah antisipasi kemacetan yang ada di pintu keluar tol,” kata Ganjari saat mengikuti Rapat Koordinasi Angkutan Lebaran 2019 Bidang Lalu Lintas di Wilayah Jawa Tengah, Semarang, Minggu (5/5).

Beberapa titik pintu keluar tol di Jateng yang perlu diantisipasi di antaranya, Exit tol Pejagan, Exit tol Pemalang (Gandulan), Exit tol Banyumanik dan kalikangkung (pembayaran/top up), Exit tol Salatiga (Tingkir), Exit tol Boyolali, dan Exit tol Kartosuro.

“Kemacetan di pintu keluar tol harus diantisipasi, untuk itu saya minta pemerintah kabupaten/kota agar menyiapkan jalur alternatif dengan rambu-rambu yang baik tentunya” ujar Ganjar.

Untuk mengurangi kepadatan di jalan, dibahas pula dalam rakor mengenai evaluasi rest area yang dirasa masih kurang. Untuk itu akan disiapkan kantong-kantong parkir yang bisa dimanfaatkan para pemudik untuk beristirahat.

Dirjen Perhubungan Darat, Budi Setiyadi menjelaskan, hasil survei Angkutan Lebaran Tahun 2019 Badan Litbang Perhubungan menyebutkan, total jumlah pemudik dari Jabodetabek sebanyak 14,9 juta, dengan tiga Provinsi tujuan mudik terbesar yaitu ke Jawa Tengah sebanyak 5,6 juta lebih pemudik atau 37,68 persen dari total pemudik Jabodetabek, Jawa Barat (3,7 juta lebih/24,89 persen), dan Jawa Timur (1,6 juta lebih/11,14 persen).

Di Jawa Tengah terdapat tiga kota tujuan terbanyak yaitu Surakarta sebanyak 642 ribu lebih pemudik atau sekitar 4,31 persen dari total pemudik Jabodetabek, Semarang (563 ribu lebih/3,78 persen), dan Tegal (354 ribu lebih/2,38 persen). []

Continue Reading
Advertisement
You may also like...
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.

More in Regional

Most Popular

To Top